Kepergian Tokoh Pro-Crypto dari Kongres AS: Dampaknya bagi Masa Depan Industri

Kepergian Tokoh Pro-Crypto dari Kongres AS: Dampaknya bagi Masa Depan Industri

Kabar mengejutkan datang dari dunia politik Amerika Serikat, khususnya bagi para penggemar crypto. Patrick McHenry, anggota Kongres AS yang dikenal ramah terhadap crypto, mengumumkan tidak akan mencalonkan diri kembali pada pemilu 2024. Keputusan ini menimbulkan pertanyaan besar tentang masa depan regulasi crypto di AS.

Kursi Kosong Pro-Crypto di Kongres

Patrick McHenry, yang menjabat sebagai ketua Komite Jasa Keuangan DPR AS, telah menjadi suara penting bagi industri crypto. Selama masa jabatannya, McHenry dikenal sebagai pendukung berbagai legislasi yang berfokus pada crypto. Dia telah berperan dalam mendorong tagihan yang bertujuan untuk memberikan kejelasan regulasi bagi aset digital.

Kepergiannya pada Januari 2025 akan menandai berakhirnya 20 tahun pengabdiannya sebagai wakil rakyat. McHenry juga sempat menjadi pembicara sementara DPR ketika anggota Partai Republik tidak dapat menyatukan suara untuk menggantikan mantan Pembicara Kevin McCarthy.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak Tinggi, Apakah $100.000 Menjadi Kenyataan?

Sheila Warren, CEO dari Crypto Council for Innovation, memuji McHenry sebagai pemimpin yang tidak tertandingi dalam mengakui pentingnya inovasi yang bertanggung jawab dan regulasi yang sesuai. Industri crypto telah menghargai pendekatan McHenry dalam membangun koalisi dan keterbukaannya untuk bekerja secara bipartisan.

Pengaruh pada Legislasi dan Kebijakan Crypto

5 crypto populer 2023

Keputusan McHenry untuk tidak mencalonkan diri kembali membuka ketidakpastian terhadap masa depan tagihan crypto di Komite Jasa Keuangan. Pengaruhnya yang signifikan dalam kebijakan crypto telah mendapat pengakuan dari berbagai pemimpin industri.

Emilie Choi, presiden Coinbase, adalah salah satu dari banyak tokoh yang menyatakan kekecewaannya atas kepergian McHenry. Pengumuman McHenry datang sekitar satu tahun sebelum hari pemilihan umum 2024 di AS, di mana semua 435 kursi di DPR akan diperebutkan.

Beberapa kandidat presiden AS, termasuk Vivek Ramaswamy dan Ron DeSantis dari Partai Republik serta independen Robert F. Kennedy Jr., telah menjadikan crypto sebagai salah satu isu utama dalam kampanye mereka.

Paragraf Penutup

Dengan tidak adanya Patrick McHenry di panggung politik AS, masa depan regulasi crypto menjadi tanda tanya. Penggantinya di Komite Jasa Keuangan akan memainkan peran kunci dalam menentukan arah kebijakan crypto di masa yang akan datang.

Komunitas crypto kini menantikan siapa yang akan mengambil estafet kepemimpinan dalam memperjuangkan kepentingan industri ini di tingkat legislatif.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak 4,88% per 24 Jam, Apakah ETF Akan Segera Disetujui?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi