Kepemilikan Bitcoin (BTC) di Kanada Menurun, Ada Apa?

author:

Kepemilikan Bitcoin (BTC) di Kanada Menurun, Ada Apa?

Bank of Canada baru-baru ini merilis laporan yang menunjukkan perubahan signifikan dalam kepemilikan crypto di Kanada sepanjang tahun 2022. Menurut Bitcoin Omnibus Survey, tingkat kepemilikan Bitcoin di negara ini turun dari 13% menjadi 10%. Penurunan ini terjadi di tengah volatilitas harga Bitcoin (BTC) yang signifikan dan peningkatan pengawasan regulasi.

Faktor Penyebab Penurunan Kepemilikan Bitcoin di Kanada

mata uang tertinggi: dolar kanada
Sumber: Unsplash.com

Menurut laporan Blockworks, penurunan kepemilikan Bitcoin terjadi di tengah penurunan harga Bitcoin lebih dari 50% sepanjang tahun dan peningkatan pengawasan regulasi setelah runtuhnya FTX pada November 2022. Kepemilikan altcoin juga mengalami penurunan pada tahun 2022.

Baca juga: Regulator Sekuritas Kanada Bagikan Pedoman Aset Crypto, Seperti Apa?

Meskipun demikian, tingkat kepemilikan Bitcoin masih lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat 8% yang diamati antara tahun 2018 dan 2020. Selama lima tahun terakhir, kesadaran tentang Bitcoin tetap stabil di sekitar 90%, dengan pengguna baru lebih cenderung terlibat untuk tujuan investasi.

Lebih lanjut, laporan tersebut mencatat bahwa kepemilikan Bitcoin tetap tertinggi di kalangan pria, mereka yang berusia antara 18 dan 34 tahun, berpendidikan universitas, dan mereka dengan pendapatan rumah tangga di atas $70,000.

Perubahan Partisipasi Pasar dan Literasi Keuangan

literasi keuangan masyarakat kanada
Sumber: Best Money Moves

Survei 2022 menunjukkan tren menarik: partisipan dengan literasi keuangan tinggi tampaknya meninggalkan pasar Bitcoin, sementara mereka dengan literasi keuangan rendah tidak.

Selain itu, tahun 2023 melihat peningkatan kepemilikan Bitcoin di kalangan mereka yang memiliki pendapatan kurang dari $30,000 per tahun, yang bertentangan dengan perilaku investor umum.

Laporan tersebut menekankan bahwa banyak orang Kanada masih berjuang untuk memahami bagaimana Bitcoin bekerja. Di antara pemilik non-Bitcoin, 61% memiliki literasi crypto rendah, sementara 30% pemilik menunjukkan literasi tinggi.

Baca juga: Kanada Rilis Aturan Baru untuk Modal Bank dalam Penyimpanan Crypto!

Debat Berkelanjutan tentang Bitcoin

Meskipun status Bitcoin sebagai lindung nilai inflasi masih kontroversial, pemimpin Konservatif Kanada sering berpendapat untuk perspektif ini. Namun, pejabat Bank of Canada telah menolak proposisi ini, menyoroti debat berkelanjutan tentang peran Bitcoin dalam dunia keuangan.

Sepanjang tahun 2022, Kanada mengalami pergeseran tren kepemilikan Bitcoin, dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti volatilitas harga, peningkatan regulasi, dan tingkat literasi keuangan yang beragam.

Seiring berjalannya waktu, dinamika ini berjanji untuk membentuk masa depan kepemilikan crypto di negara tersebut, memberikan wawasan tentang lanskap mata uang digital yang terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: