Kenya Siap Luncurkan Sistem ID Digital, Inovasi Baru yang Mengubah Wajah Transaksi!

Kenya Siap Luncurkan Sistem ID Digital, Inovasi Baru yang Mengubah Wajah Transaksi!

Pemerintah Kenya berencana untuk meluncurkan sistem identifikasi digitalnya pada Desember 2023. Sistem ini akan memfasilitasi akses yang lebih cepat dan efisien bagi warga negara Kenya ke berbagai sumber daya negara, pendidikan, dan medis. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kenya dan Inovasi ID Digital

kenya dan inovasi digital
Sumber: Biometric Digital

Pemerintah Kenya berencana untuk meluncurkan sistem identifikasi digitalnya pada akhir tahun 2023. Sistem ini akan diuji selama beberapa bulan sebelum peluncurannya. ID digital ini akan diperkenalkan di negara tersebut, bersama dengan Maisha Namba, sistem nomor identifikasi pribadi seumur hidup yang diberikan kepada warga Kenya saat registrasi.

Sistem ID gabungan ini akan membantu Kenya mendigitalkan registri-nya dan memberikan akses yang lebih cepat kepada warga negara ke sumber daya negara, pendidikan, dan medis.

Pada bulan September, Bitok mendesak bisnis swasta untuk menerima sistem ID digital ini, karena mereka “memungkinkan solusi inovatif seperti perbankan mobile dan jaringan agen, mengubah proses e-commerce.” Dia berjanji bahwa pemerintah akan memastikan desain ID digital akan “memfasilitasi perdagangan dan mempermudah transaksi bisnis.”

Baca Juga: Worldcoin Disorot dan Didesak Parlemen Kenya: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Bank Sentral Kenya dan Mata Uang Digital

Pada bulan Juni 2023, Bank Sentral Kenya mengungkapkan keraguan mereka tentang kebutuhan untuk menerapkan mata uang digital bank sentral dalam jangka pendek hingga menengah, dengan merujuk pada “solusi inovatif lainnya di sekitar ekosistem yang ada” yang dapat mengatasi “titik-titik nyeri” Kenya dalam pembayaran.

Dengan peluncuran sistem ID digital ini, Kenya siap memasuki era digital dengan lebih baik. Sistem ini tidak hanya akan mempermudah akses warga negara ke berbagai sumber daya, tetapi juga akan membuka peluang baru dalam bidang e-commerce dan perbankan mobile.

Dengan demikian, Kenya berada di ambang revolusi digital yang akan mengubah cara transaksi dan interaksi bisnis dilakukan di negara tersebut.

Dengan inovasi ini, Kenya menunjukkan komitmennya untuk memanfaatkan teknologi digital dalam meningkatkan layanan publik dan memfasilitasi transaksi bisnis. Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam upaya negara tersebut untuk menjadi pemimpin digital di Afrika.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: