Anjlok 5,33% di Weekend, Kenapa Harga Solana (SOL) Turun Hari Ini (11/5/24)?

Anjlok 5,33% di Weekend, Kenapa Harga Solana (SOL) Turun Hari Ini (11/5/24)?

Jakarta, Pintu News – Harga Solana (SOL), salah satu crypto terkemuka, mengalami penurunan hari ini, mengikuti tren negatif beberapa hari sebelumnya. Pasar crypto kembali diwarnai dengan kekecewaan terhadap proyek-proyek baru yang menggunakan platform Solana, serta penemuan aktivitas stablecoin yang dianggap tidak organik oleh Visa. Simak analisa lengkapnya di berita berikut ini!

Kekecewaan Investor terhadap Peluncuran Token Solana

harga solana 11 mei 2024
Sumber: Market Pintu

Solana (SOL) turun 5,33% pada 11 Mei, berada di level $148 setelah sebelumnya mencapai $155 pada 9 Mei. Meskipun mencatatkan kenaikan pada hari sebelumnya, SOL menghadapi tantangan dalam mempertahankan tren positifnya.

Kekecewaan terhadap proyek-proyek baru seperti Jupiter (JUP), Wormhole (W), Pyth (PYTH), dan Helium (HNT) juga menjadi faktor penurunan. Kepercayaan investor terhadap ekosistem Solana melemah, terutama setelah serangkaian kekecewaan terhadap airdrop token dan volume yang terindikasi diatur.

Proyek-proyek seperti MarginFi dan Kamino mengecewakan investor dengan distribusi token yang tidak merata dan kinerja harga yang tidak sesuai harapan. MarginFi, contohnya, menyebabkan penarikan dana hingga $412 juta setelah pendirinya dikabarkan mencoba untuk menggagalkan airdrop token. Kamino juga mengalami nasib serupa dengan harga token yang jauh di bawah ekspektasi awal.

Baca Juga: Laporan Terbaru Visa: Solana Kalahkan Ethereum dalam Transaksi Stablecoin

Laporan Visa: Aktivitas Stablecoin yang Dipertanyakan

top blockchain
Peringkat blockchain teratas berdasarkan volume DApps 30 hari, USD. Sumber: DappRadar

Laporan dari Visa dan Allium mengungkapkan bahwa lebih dari 90% transaksi stablecoin di Solana terindikasi melakukan praktik inflasi yang tidak alami.

Aktivitas ini umumnya digunakan untuk arbitrase dan likuiditas, namun memicu pertanyaan atas kinerja jaringan Solana yang sebenarnya.

Kesimpulan laporan tersebut menambah tekanan terhadap harga SOL, terutama setelah penurunan signifikan dalam volume jaringan Solana dalam 30 hari terakhir.

Baca Juga: Solana dan Filecoin Berkolaborasi untuk Merevolusi Penyimpanan Terdesentralisasi!

Arah Harga SOL dan Tantangan yang Dihadapi

Dengan kekecewaan yang terus muncul terhadap peluncuran token dan volume jaringan yang menurun, prospek harga SOL ke depannya menjadi semakin tidak pasti. Meskipun demikian, Solana masih memiliki potensi untuk memperbaiki reputasinya dengan memperbaiki transparansi dan kinerja jaringannya.

Dengan penurunan harga dan ketidakpastian yang melingkupi Solana (SOL), crypto ini harus menanggapi kekecewaan investor dan kekhawatiran atas aktivitas jaringannya untuk memperbaiki posisinya di pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi