Bitcoin Menembus $60.000, Akankah Terus Turun?

Bitcoin Menembus $60.000, Akankah Terus Turun?

Harga Bitcoin (BTC) merosot tajam hingga mencapai $60.000 pada 17 Maret, melanjutkan tren penurunan yang terjadi selama akhir pekan. Penurunan harga ini merupakan yang terendah sejak 6 Maret, dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor. Simak analisa lengkapnya disini!

Harga Bitcoin Tertekan Penjualan Spot yang Konstan

analisa btc skew
Sumber: Akun X Skew

Berdasarkan data dari Cointelegraph Markets Pro dan TradingView, harga BTC sempat mencapai titik terendah baru di $64.522 pada Bitstamp. Setelah mencapai titik tertinggi sepanjang masa selama seminggu terakhir, Bitcoin menghadapi tekanan jual yang cukup besar.

Hal ini mengakibatkan serangkaian penurunan harga yang lebih rendah, disertai dengan rebound yang gagal. Penjualan terus berlanjut dengan cepat menjelang penutupan candle mingguan yang sangat dinanti-nantikan. Analis pasar, Skew, mengidentifikasi zona minat bagi pembeli di bursa utama, yaitu antara $60.000 dan $64.000.

Menurut Skew, sebagian besar penjualan didorong oleh taker (penjualan pasar). Ia juga menambahkan bahwa beberapa entitas terlibat dalam rata-rata biaya dolar (DCA) yang besar pada posisi terendah, membantu memberikan pantulan jangka waktu rendah.

Dengan demikian, koreksi pasar bullish Bitcoin terbaru mencapai sekitar 12%. Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, siklus sebelumnya mengalami pullback yang jauh lebih dalam, tetapi masih mempertahankan tren naik yang lebih luas.

Baca Juga: Bitcoin Kalahkan Emas dalam Portofolio Investor: Analisis JPMorgan Mengejutkan Pasar!

Sentimen Pasar Tetap Optimis

thomas fahrer twitter
Sumber: Akun X Thomas Fahrer

Meskipun terjadi penurunan harga, sentimen pasar tetap optimis. Hal ini didorong oleh pembelian berkelanjutan dari exchange-traded funds (ETF) Bitcoin spot Amerika Serikat, yang akan dilanjutkan pada 18 Maret.

Thomas Fahrer, CEO portal ulasan yang berfokus pada kripto Apollo, yang melacak arus ETF, menanggapi di Twitter, “Ya, ini adalah Bear Trap.” Fahrer tampaknya mencerminkan rumor tentang alokasi kekayaan institusional baru untuk BTC yang berpotensi tiba dalam beberapa bulan mendatang.

Baca Juga: Terungkap! Pemerintah AS Simpan 210 Ribu Bitcoin dengan Keuntungan Sebesar $14,4 Miliar

Gap Bitcoin Futures Mendekati $4.000

gap bitcoin futures
Sumber: Akun X Mister Crypto

Dengan lebih dari 12 jam tersisa hingga penutupan mingguan, beberapa analis memperkirakan potensi kenaikan harga di awal minggu. Salah satu faktor yang dapat melawan penurunan harga adalah gap di pasar Bitcoin futures CME Group, yang melebar dengan cepat di tengah penurunan akhir pekan. CME futures ditutup pada 15 Maret di $69.135, dan “gap” yang dihasilkan antara harga spot dapat memberikan dorongan untuk pemulihan – sejalan dengan preseden historis.

Kesimpulan

Penurunan harga Bitcoin baru-baru ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor, tetapi sentimen pasar tetap optimis. Pembelian berkelanjutan dari ETF Bitcoin spot Amerika Serikat dan potensi alokasi kekayaan institusional baru dapat memberikan dukungan untuk harga BTC. Selain itu, gap di pasar Bitcoin futures CME Group dapat menjadi katalis untuk pemulihan harga di awal minggu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi