Market Menghijau, 3 Faktor Pendukung Kenapa Crypto Naik Hari Ini (16/1/24)!

Market Menghijau, 3 Faktor Pendukung Kenapa Crypto Naik Hari Ini (16/1/24)!

Dunia crypto selalu penuh dengan dinamika dan hari ini tidak terkecuali. Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) terpantau mengalami kenaikan 1,3% dalam waktu 24 jam per 16 Januari 2023. Tidak hanya 2 koin tersebut, beberapa altcoin lainnya juga mengalami kenaikan yang signifikan, seperti NEON 21%, SEILOR 19,58%, BLUR 18,69%, CYBER 15,50%, dan masih banyak lagi lainnya.

top movers pintu
Pergerakan harga crypto per 16 Januari 2023. Sumber: Market Pintu

Dari perkembangan hukum yang mengejutkan hingga inovasi dalam pembayaran sewa, berikut adalah 3 alasan utama yang mendorong kenaikan harga crypto hari ini per 16 Januari 2023!

Mantan CEO Celsius Minta Penghapusan Dua Tuduhan

2 tuduhan celsius
Sumber: Akun X Cryptobtc

Alex Mashinsky, pendiri dan mantan CEO platform pinjaman crypto Celsius, berupaya untuk menghapus dua tuduhan yang dihadapinya. Pada tanggal 12 Januari, pengacaranya mengajukan permohonan ke Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Selatan New York, meminta penghapusan tuduhan penipuan komoditas dan manipulasi pasar. Tuduhan penipuan komoditas dianggap “menjijikkan” dan “tidak konsisten” dengan tuduhan penipuan sekuritas yang pertama.

Mashinsky mengundurkan diri dari Celsius pada September 2022 dan kemudian didakwa dengan tujuh tuduhan kejahatan. Saat ini, ia tetap bebas dengan jaminan $40 juta. Kasus Celsius menjadi salah satu kegagalan crypto paling menonjol pada tahun 2022.

Baca Juga: Casper ($CSPR): Blockchain Masa Depan yang Dibangun di Atas Konsensus PoS

Kesepakatan Sewa Bitcoin: Pemilik dan Penyewa Tandatangani Kontrak BTC

Di Rosario, kota terpadat ketiga di Argentina, seorang pemilik rumah dan penyewanya telah menandatangani perjanjian sewa di mana penyewa akan membayar sewa bulanan dalam Bitcoin (BTC). Menurut laporan lokal, kontrak ini merupakan yang pertama di Argentina, dimungkinkan oleh amandemen hukum baru oleh administrasi presiden yang baru terpilih.

Pembayaran bulanan di bawah kontrak yang disegel akan setara dengan $100 dalam Bitcoin. Penyewa akan mentransfer dana setiap bulan melalui Fiwind, platform crypto lokal. Laporan tersebut menyoroti bahwa kedua pihak dalam kontrak adalah pengguna crypto yang berpengalaman.

Baca Juga: Top 5 Token Crypto Liquid Staking di 2024!

BlackRock Luncurkan Iklan ETF Bitcoin untuk Pasar “Boomer”

blackrock luncurkan iklan bitcoin
Sumber: Akun X Shariq911

Pada 11 Januari, raksasa investasi BlackRock meluncurkan iklan pertama untuk ETF Bitcoin spot yang baru terdaftar, iShares Bitcoin Trust ETF (IBIT), di tengah perang pemasaran yang semakin meningkat. Iklan tersebut menampilkan video selama satu menit 56 detik dengan seorang eksekutif BlackRock yang menguraikan proposisi nilai Bitcoin dan bagaimana investor dapat menerima paparan ke ETF baru mereka.

Jay Jacobs, kepala ETF tematik dan alternatif AS, menyatakan dalam iklan bahwa IBIT mudah diakses, menghilangkan beban operasional, dan diterbitkan di bawah reputasi dan keahlian BlackRock di ruang ETF. Video ini muncul di tengah-tengah upaya untuk memasarkan ETF Bitcoin yang baru diluncurkan. Sejauh ini, Bitwise, Hashdex, VanEck, ARK Invest, Grayscale, dan Valkyrie termasuk di antara mereka yang terlibat dalam beberapa bentuk iklan publik utama.

Kesimpulan

Hari ini, dunia crypto kembali menunjukkan betapa cepat dan dinamisnya perubahan yang terjadi. Dari kasus hukum yang melibatkan tokoh penting di industri hingga langkah inovatif dalam pembayaran sewa menggunakan Bitcoin, serta strategi pemasaran ETF Bitcoin oleh perusahaan investasi besar, setiap berita membawa dampak signifikan bagi pasar crypto. Ini adalah momen penting bagi kamu yang mengikuti perkembangan dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: