Bitcoin (BTC) Sentuh Rp750 Juta, Kenapa Crypto Naik Hari Ini (10/2/24)?

Bitcoin (BTC) Sentuh Rp750 Juta, Kenapa Crypto Naik Hari Ini (10/2/24)?

Di tengah fluktuasi pasar keuangan global, crypto kembali menjadi sorotan dengan lonjakan harga Bitcoin (BTC) yang mencapai angka signifikan. Fenomena ini memicu berbagai spekulasi dan analisis mengenai faktor-faktor yang mendorong kenaikan tersebut. Kira-kira kenapa crypto naik hari ini per 10 Februari 2024? Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Analisis Kenaikan Bitcoin

Hari ini, pasar crypto menyaksikan peningkatan yang signifikan, dengan Bitcoin (BTC) menembus angka Rp750 juta. Hal ini menandai salah satu momen penting dalam dinamika pasar crypto belakangan ini. Analis pasar berupaya menguraikan berbagai faktor yang berkontribusi terhadap tren positif ini.

arus masuk etf bitcoin
Arus masuk ETF Bitcoin. Sumber: Farside

Salah satu faktor yang dianggap berpengaruh adalah peningkatan aliran masuk ke dalam dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot. Pada tanggal 8 Februari, ETF Bitcoin spot mencatatkan aliran masuk hari ketiga terbesar, dengan total $403 juta. Ini menunjukkan adanya permintaan yang kuat terhadap Bitcoin di pasar, yang mungkin telah mendorong kenaikan harga.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak ke $46.000 di Tengah Booming ETF dan Peringatan Ekonomi!

Dukungan dari Institusi Besar

blackrock dan fidelity
Sumber: Akun X Eric Balchunas

Peran institusi besar dalam pasar crypto tidak bisa diabaikan. BlackRock dan Fidelity, dua nama besar dalam industri keuangan, telah mencatatkan rekor dengan ETF Bitcoin spot mereka. Dalam bulan pertama peluncurannya, kedua ETF ini berhasil mengumpulkan aset lebih dari $3 miliar.

Prestasi ini tidak hanya menandai keberhasilan produk mereka tetapi juga menunjukkan kepercayaan dan minat yang meningkat dari investor institusional terhadap crypto. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pendorong kenaikan harga Bitcoin, mengingat pengaruh signifikan yang dimiliki investor institusional dalam pasar.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak Melewati $44.000, Didorong oleh Akumulasi ‘Whale’ dan Optimisme ETF

Sentimen Pasar dan Prospek Masa Depan

Sentimen pasar yang positif terhadap crypto tampaknya kembali menguat. Dengan adanya dukungan dari institusi finansial besar dan peningkatan aliran masuk ke ETF Bitcoin, banyak analis dan investor yang mulai optimis terhadap prospek jangka panjang crypto.

Kenaikan harga Bitcoin ini mungkin juga mencerminkan perubahan persepsi pasar terhadap crypto sebagai aset investasi. Dengan semakin banyaknya produk keuangan yang berbasis crypto yang tersedia untuk investor institusional dan ritel, crypto semakin diterima sebagai bagian dari portofolio investasi yang diversifikasi.

Kesimpulan

Kenaikan harga Bitcoin hari ini menjadi bukti ketangguhan dan daya tarik crypto di tengah dinamika pasar global yang penuh ketidakpastian. Dengan dukungan dari institusi finansial besar dan sentimen pasar yang positif, masa depan crypto tampak semakin cerah. Namun, penting bagi investor untuk tetap waspada dan melakukan riset mendalam sebelum membuat keputusan investasi di pasar yang volatil ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: