Apakah Kenaikan Suku Bunga The Fed Akan Mengguncang Dunia Crypto?

Apakah Kenaikan Suku Bunga The Fed Akan Mengguncang Dunia Crypto?

Dalam suasana yang penuh ketidakpastian, The Fed, bank sentral Amerika Serikat, berencana untuk menaikkan suku bunga sebelum akhir tahun 2023. Keputusan ini tentunya akan berdampak pada berbagai sektor, termasuk dunia crypto. Bagaimana dampaknya? Yuk, kita ulas bersama.

Perkiraan Kenaikan Suku Bunga oleh The Fed

Sebagian besar pejabat The Fed mengungkapkan bahwa mereka memperkirakan satu kenaikan suku bunga lagi. Keputusan ini didasarkan pada pertimbangan inflasi dan respons ekonomi terhadap kenaikan suku bunga sebelumnya.

Meski demikian, masih ada ketidakpastian seberapa besar dampak 11 kenaikan suku bunga sejak Maret 2022 terhadap aktivitas ekonomi. Pasar keuangan memperkirakan adanya penundaan lagi pada pertemuan kebijakan moneter The Fed yang akan datang pada 31 Oktober-1 November.

Baca Juga: The Fed Naikkan Suku Bunga 0,25% (27/7/23), Harga Bitcoin Naik Hingga Rp443 Juta?

Jadi, kenaikan tersebut mungkin akan terjadi pada Desember, tergantung pada data ekonomi yang akan datang.

Dampak Kenaikan Suku Bunga pada Pasar Obligasi dan Crypto

suku bunga the fed

Harapan bahwa suku bunga akan tetap tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama telah mendorong pasar obligasi kembali ke zona merah. Hal ini mendorong yield obligasi AS naik dan memberikan tekanan pada investor yang mengharapkan pemotongan suku bunga tahun ini. Dampak ini juga dirasakan oleh pasar crypto, termasuk Bitcoin.

Ketua The Fed, Jerome Powell, telah menyatakan bahwa bank sentral perlu melihat “pertumbuhan di bawah tren” untuk memastikan bahwa inflasi berada di jalur target inflasi The Fed sebesar 2%.

Belum jelas seberapa besar dampak yield yang lebih tinggi terhadap aktivitas ekonomi, namun beberapa pejabat The Fed telah mengatakan bahwa ini bisa berarti tindakan lebih sedikit dari The Fed.

Respon Pasar dan Peluang di Masa Depan

Jika pertumbuhan ekonomi dan pasar kerja terus melambat, maka The Fed mungkin tidak akan melanjutkan kenaikan suku bunga lainnya. Namun, jika inflasi terus meningkat, The Fed mungkin akan terus menaikkan suku bunga.

Hal ini tentunya akan berdampak pada pasar crypto. Pada akhirnya, keputusan The Fed akan sangat bergantung pada data ekonomi yang akan datang. Oleh karena itu, kamu perlu terus memantau perkembangan berita ekonomi untuk membuat keputusan investasi yang tepat.

Paragraf Penutup

Dalam situasi yang penuh ketidakpastian ini, penting bagi kamu untuk selalu waspada dan siap menghadapi berbagai kemungkinan. Ingatlah bahwa dalam dunia investasi, tidak ada yang pasti dan selalu ada risiko.

Baca Juga: The FED Naikkan Suku Bunga Hingga 4,5%, Ini Dampak FOMC Pada Harga Crypto!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Meta Deskripsi

Bagaimana dampak kenaikan suku bunga The Fed terhadap dunia crypto? Temukan jawabannya di artikel ini. URL Singkat: bit.ly/DampakTheFedCrypto

Referensi