Jerome Powell di Jackson Hole: “Suku Bunga Siap Naik Jika Diperlukan”

Jerome Powell di Jackson Hole: “Suku Bunga Siap Naik Jika Diperlukan”

Jerome Powell, Ketua Federal Reserve AS (The Fed), baru-baru ini berbicara di simposium tahunan Jackson Hole di Wyoming. Dalam pidatonya, Powell menegaskan bahwa Federal Reserve siap untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut jika situasi memerlukan. Tiga sumber berita, Coindesk, Forbes, dan The New York Times, memberikan perspektif yang berbeda tetapi sejalan mengenai pernyataan Powell. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kesiapan Federal Reserve untuk Menangani Inflasi

Menurut Forbes, Powell menyatakan bahwa Federal Reserve “siap” untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut “jika diperlukan”.

Ini sejalan dengan pernyataan Powell yang dikutip oleh The New York Times, di mana dia mengatakan bahwa Federal Reserve akan “melanjutkan upaya untuk menekan inflasi tinggi ‘sampai tugas selesai'”.

Powell menegaskan, “Kami siap untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut jika sesuai, dan berniat untuk mempertahankan kebijakan pada tingkat yang restriktif sampai kami yakin inflasi bergerak ke arah yang berkelanjutan menuju tujuan kami,” dikutip dari Coindesk, Sabtu (26/8/2023).

Baca Juga: Bank of England Menaikkan Suku Bunga untuk Ke-14 Kalinya, Ada Apa?

Respon Pasar dan Dampak Ekonomi

Forbes mencatat bahwa saham hampir tidak berubah segera setelah pidato Powell dimulai. The New York Times menambahkan bahwa Powell berhati-hati untuk tidak merayakan penurunan inflasi yang baru-baru ini terjadi.

Dia menekankan bahwa pejabat ingin melihat lebih banyak kemajuan untuk meyakinkan mereka bahwa mereka benar-benar mengendalikan kenaikan harga.

Baca Juga: Bitcoin (BTC) Terlihat Tetap Stabil Meski China Potong Suku Bunga

Kebijakan Moneter dan Pertemuan Mendatang

kebijakan moneter dan meeting fomc
Sumber: Reuters

The New York Times juga mencatat bahwa Powell menunjukkan bahwa pejabat bank sentral tidak bertekad untuk menaikkan suku bunga pada pertemuan mereka yang akan datang pada September 2023.

Mereka mungkin akan menunggu hingga pertemuan selanjutnya, yang dijadwalkan pada November dan Desember, sebelum membuat keputusan tentang apakah biaya pinjaman perlu dinaikkan lebih lanjut.

Pernyataan Jerome Powell di Jackson Hole menegaskan komitmen Federal Reserve untuk menangani inflasi dan membuka kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut. Meskipun ada beberapa ketidakpastian mengenai langkah apa yang akan diambil selanjutnya, satu hal yang jelas adalah bahwa Federal Reserve siap untuk bertindak sesuai kebutuhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: