Kemenangan Besar Ripple Atas SEC: Apa Dampaknya Bagi Token Crypto Lainnya?

Kemenangan Besar Ripple Atas SEC: Apa Dampaknya Bagi Token Crypto Lainnya?

Dalam kemenangan gugatan hukum yang signifikan bagi Ripple, pengadilan AS memutuskan bahwa sebagian besar penjualan XRP tidak diklasifikasikan sebagai transaksi sekuritas.

Ini menandai titik balik utama dalam pertempuran hukum hampir tiga tahun melawan SEC. Hasilnya memicu spekulasi tentang potensi dampak bagi crypto lainnya.

Ini termasuk Solana (SOL), Cardano (ADA), Polygon (MATIC), dan token lain yang menghadapi tuduhan serupa sebagai sekuritas yang tidak terdaftar. Mari kita jelajahi implikasi dari kemenangan hukum Ripple untuk token ini.

Ripple XRP: Kemenangan Gugatan Melawan SEC Hanya Permulaan

SEC mengajukan gugatan pada Desember 2020, menuduh Ripple Labs dan pendirinya, Brad Garlinghouse dan Christian Larsen, melakukan penawaran sekuritas yang tidak terdaftar melalui penjualan XRP.

Badan ini berpendapat bahwa XRP harus diklasifikasikan sebagai sekuritas, sehingga menempatkannya dalam yurisdiksi regulasi SEC.

Namun, Ripple dengan tegas menyangkal tuduhan tersebut dan melakukan pembelaan yang kuat.

Pada 13 Juli 2023, setelah pertempuran hukum yang panjang hampir 3 tahun, Ripple meraih kemenangan revolusioner.

Baca Juga: Prediksi Harga Ripple (XRP) 2023: Harga Ripple Berpotensi Meroket 181%?!

Hakim Analisa Torres, yang memimpin perkara ini, memutuskan bahwa sebagian besar token yang dijual dalam transaksi XRP tidak memenuhi syarat sebagai sekuritas.

Implikasi dari putusan ini meluas di luar Ripple. Selain itu, mereka memiliki implikasi signifikan untuk ekosistem crypto yang lebih luas, khususnya untuk token seperti SOL, ADA, MATIC, dan lainnya yang telah menghadapi pengawasan serupa dari SEC.

Bagaimana Kemenangan Besar Ini Mempengaruhi Crypto

masa depan xrp
Sumber: U Today

Kemenangan hukum Ripple bisa berkontribusi untuk meningkatkan kejelasan dan kepastian regulasi dalam industri.

Pertama, putusan Hakim Torres menciptakan preseden hukum yang mungkin menetapkan kerangka kerja yang lebih jelas. Salah satu yang membedakan antara sekuritas dan non-sekuritas di ruang aset digital.

Oleh karena itu, perkembangan ini menguntungkan token lain yang saat ini bergulat dengan ketidakpastian regulasi.

Baca Juga: Komunitas XRP Antisipasi 3 Peristiwa Penting: Inilah Bagian yang Menarik! Bagaimana Nasib Harga XRP?

Kemenangan Ripple adalah perkembangan positif untuk industri crypto secara keseluruhan. Meskipun, ini tidak berarti bahwa pengawasan regulasi akan sepenuhnya hilang.

SEC kemungkinan akan terus meneliti token dan proyek lain untuk potensi pelanggaran sekuritas.

Namun, kasus Ripple dapat mendorong regulator untuk memperbaiki pendekatan mereka. Hal ini membantu melakukan penyelidikan yang lebih matang dan memberikan pedoman yang lebih jelas untuk penerbit token untuk memastikan kepatuhan.

Industri bisa melihat evolusi dalam praktik regulasi sebagai hasil dari putusan penting ini. Ini juga mendorong lingkungan yang lebih transparan dan patuh untuk aset digital.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: