Analis Bernstein: Kemenangan Grayscale atas SEC Membuka Peluang untuk ETF Bitcoin

author:

Analis Bernstein: Kemenangan Grayscale atas SEC Membuka Peluang untuk ETF Bitcoin

Grayscale, manajer aset crypto, baru-baru ini memenangkan pertarungan hukumnya melawan SEC, yang berpotensi membuka jalan bagi persetujuan ETF Bitcoin. Pengadilan Banding Amerika Serikat memerintahkan SEC untuk meninjau kembali penolakan sebelumnya terhadap aplikasi Grayscale untuk mengubah Bitcoin Trust-nya menjadi ETF.

Keputusan ini dianggap sebagai langkah maju yang signifikan dalam upaya berkelanjutan untuk mendapatkan persetujuan ETF Bitcoin. Simak selengkapnya, yuk!

Kemenangan Grayscale atas SEC: Apa yang Berubah?

Kemenangan Grayscale di pengadilan telah memaksa SEC untuk meninjau kembali penolakan sebelumnya terhadap aplikasi perusahaan untuk mengubah produk GBTC menjadi ETF spot. Menurut analis dari Bernstein, sebuah firma kekayaan, kemenangan ini “membersihkan jalan bagi ETF spot BTC,” setelah penolakan berulang oleh SEC dengan alasan kekhawatiran tentang manipulasi pasar.

Baca juga: Kemenangan Grayscale Atas SEC: Awal Baru untuk ETF Bitcoin?

Lebih lanjut, keputusan ini dianggap sebagai tonggak penting dalam perjuangan untuk mendapatkan persetujuan ETF Bitcoin, yang telah menjadi topik panas di industri crypto selama beberapa tahun terakhir.

Gautam Chhugani, analis di Bernstein, berpendapat bahwa keputusan ini membuka peluang baru untuk aplikasi ETF terbuka saat tanggal tinjauan mereka mendekat.

“Kami memperkirakan tanggal persetujuan yang mungkin bisa dimulai secepat minggu depan dan berlanjut hingga awal 2024,” kata Chhugani.

Selain itu, keputusan ini juga mempengaruhi persepsi investor dan pasar terhadap kredibilitas Bitcoin dan aset crypto lainnya. Dengan potensi persetujuan ETF, lebih banyak investor mainstream mungkin akan tertarik untuk berinvestasi dalam Bitcoin.

Implikasi untuk Industri dan Investor

dampak keputusan grayscale
Sumber: The Coin Republic

Dengan lebih dari setengah lusin aplikasi ETF Bitcoin yang sedang menunggu tinjauan, keputusan ini memberikan kelegaan besar setelah penolakan sebelumnya di tengah-tengah hambatan regulasi yang ketat.

Lebih lanjut, Bernstein juga memproyeksikan dampak dari ETF spot untuk mencapai 10% dari kapitalisasi pasar Bitcoin dalam tiga tahun, bersamaan dengan likuiditas baru dari investasi institusional yang diperbarui di sektor ini. Meskipun keputusan pengadilan Amerika Serikat menguntungkan, persetujuan masih bisa jauh karena SEC masih memiliki hak untuk menolaknya.

Baca juga: Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Melonjak ke 75% Setelah Kemenangan Grayscale: Analis dari Bloomberg Ungkap Hal Ini!

Tantangan dan Langkah Selanjutnya

Menurut laporan, SEC memiliki hak 45 hari untuk banding terhadap keputusan ini. Mereka juga dapat memilih untuk meninjau kembali aplikasi dan menolaknya berdasarkan alasan lain.

Meskipun demikian, keputusan ini menekan SEC untuk memberikan perbedaan antara ETF masa depan dan spot, keduanya memanfaatkan CME. Ini menandai pergeseran dalam perjuangan berkepanjangan untuk persetujuan regulasi dan bisa menjadi titik balik dalam sejarah ETF Bitcoin.

Secara keseluruhan, kemenangan Grayscale atas SEC adalah tonggak penting dalam perjalanan menuju persetujuan ETF Bitcoin. Meskipun masih ada jalan panjang yang harus ditempuh, keputusan ini telah membuka peluang baru dan meningkatkan optimisme di antara investor dan pemangku kepentingan industri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: