Bitcoin Tertekan, Para Penambang Tetap Bertahan! Apa Rahasianya?

Bitcoin Tertekan, Para Penambang Tetap Bertahan! Apa Rahasianya?

Meskipun harga Bitcoin sedang tidak stabil, jaringan Bitcoin menunjukkan kekuatan yang mengesankan.

Dengan kesulitan jaringan yang mencapai puncak dan hashrate yang tetap kuat, para penambang Bitcoin tampaknya tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga.

Kekuatan Hashrate Bitcoin di Tengah Kesulitan Jaringan

apa itu bitcoin miner

Menurut laporan dari Bitcoin.com, meskipun kesulitan jaringan meningkat, hashrate Bitcoin tetap kuat di atas 400 EH/s. Pada tanggal 19 September 2023, hashrate bahkan mencapai puncak 433 EH/s.

Sebanyak 43 kolam penambangan mengarahkan kekuatan hash mereka ke blockchain Bitcoin. Namun, Foundry USA mendominasi dengan pangsa 29,36% dari total hashrate selama 30 hari terakhir.

Baca Juga: 5 Pemilik Bitcoin (BTC) Terbanyak di Dunia, Siapa Saja Ya?

Meskipun ada penyesuaian kesulitan yang akan datang pada 3 Oktober 2023, para penambang tampaknya tidak terpengaruh. Mereka tetap berkomitmen untuk menambang Bitcoin meskipun kesulitan meningkat.

Penambang Bitcoin Tetap Optimis Meskipun Harga BTC Turun

harga btc
hashrateindex.com

Cointelegraph melaporkan bahwa meskipun harga BTC turun 10% minggu lalu, para penambang Bitcoin tetap optimis. Kesulitan jaringan meningkat sebesar 6,17% pada 22 Agustus, mencapai rekor baru.

Kesulitan adalah refleksi dari kompetisi penambang dan keamanan jaringan Bitcoin. Trajektori meningkat menunjukkan bahwa penambang masih menguntungkan.

Hashrate juga menunjukkan kepercayaan tinggi di BTC. Meskipun tidak mungkin dihitung dengan pasti, hashrate telah menantang rekor tertinggi lebih dari 400 EH/s.

Tantangan Ekonomi Bagi Penambang Bitcoin

Kitco News melaporkan bahwa meskipun statistik menunjukkan kekuatan jaringan Bitcoin, banyak perusahaan penambangan yang kesulitan bertahan. Biaya operasional yang meningkat tidak dapat ditutupi oleh harga BTC yang stagnan.

Pada 27 Agustus 2023, biaya rata-rata untuk menambang satu BTC adalah $45.877, sedangkan harga spot-nya adalah $26.089. Ini menggambarkan kerugian sebesar $19.588 per BTC yang ditambang.

Perusahaan penambangan terbesar telah mengalami kerugian besar selama 12 bulan terakhir. Namun, mereka tetap berusaha bertahan dengan mengandalkan dana dari penjualan saham.

Baca Juga: Krisis Pemerintahan AS Picu Spekulasi Kenaikan Harga Bitcoin? Ini Analisis dari Para Ahli Crypto!

Kekuatan dan ketahanan jaringan Bitcoin menunjukkan komitmen dan kepercayaan para penambang terhadap masa depan mata uang crypto ini.

Meskipun ada tantangan ekonomi, optimisme dan kepercayaan di komunitas ini tetap tinggi. Hanya waktu yang akan menentukan bagaimana evolusi selanjutnya dari jaringan Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: