Terungkap! Kekayaan Proyek Crypto di Swiss dan Liechtenstein Melonjak Tajam Hingga $382 Miliar

author:

Terungkap! Kekayaan Proyek Crypto di Swiss dan Liechtenstein Melonjak Tajam Hingga $382 Miliar

Kabar mengejutkan datang dari industri crypto di Eropa, khususnya dari negara Swiss dan Liechtenstein. Nilai proyek crypto yang berbasis di kedua negara tersebut mengalami peningkatan signifikan hingga mencapai $382,93 miliar, atau naik 107% dari tahun sebelumnya.

Ethereum, yang dikelola oleh Ethereum Foundation, menjadi proyek dengan nilai tertinggi, diikuti oleh Solana dan Cardano. Peningkatan ini didorong oleh pemulihan pasar crypto secara keseluruhan.

Proyek Crypto Berjaya di Swiss dan Liechtenstein

Jumlah perusahaan crypto di Swiss dan Liechtenstein. Sumber: CV VC

Baca juga: Arus Masuk Produk Investasi Crypto Sentuh $1,18 Miliar di Tengah Peluncuran ETF Bitcoin Spot!

Menurut laporan terbaru dari perusahaan modal ventura Swiss, Swiss venture capital firm Crypto Valley (CV VC), Ethereum memimpin daftar dengan kapitalisasi pasar sebesar $273 miliar. Solana tidak ketinggalan dengan nilai pasar yang mencapai $43,3 miliar, sementara Cardano mengikuti dengan $20,8 miliar. Peningkatan nilai ini sejalan dengan tren pemulihan pasar crypto yang telah terjadi belakangan ini.

Meskipun ada rebound di pasar token, investasi modal ventura global untuk Web3 belum sepenuhnya pulih. CV VC mencatat adanya 1.031 kesepakatan dengan total pendanaan sebesar $9,8 miliar, menunjukkan penurunan sebesar 55% dan 69% dibandingkan tahun 2022.

Di Swiss dan Liechtenstein sendiri, perusahaan crypto berhasil mengumpulkan $283,5 juta melalui 49 kesepakatan di tahun 2023.

Pusat Inovasi Crypto dan Web3

Swiss dan Liechtenstein kini menjadi rumah bagi sekitar 5% dari seluruh pendanaan modal ventura Web3. Terdapat 1.290 perusahaan Web3 yang berbasis atau memiliki kantor pusat di kedua negara ini, termasuk nama-nama besar seperti Cosmos, Internet Computer, Near, Polkadot, dan Solana.

Keberadaan mereka menegaskan posisi Swiss sebagai pusat inovasi yang mendukung ekonomi lokal dan global. Mathias Ruch, CEO CV VC, menekankan bahwa laporan ini bukan hanya tentang pasar bullish atau bearish, melainkan tentang para pembangun yang menciptakan sistem yang dapat dipercaya.

Mereka berkontribusi pada cara yang lebih baik bagi dunia untuk berinteraksi dan bertransaksi. Hal ini menunjukkan komitmen Swiss dalam mendukung pertumbuhan ekosistem crypto dan teknologi blockchain.

Baca juga: Kota Lugano Swiss Kini Menerima Pembayaran Pajak dalam Bitcoin dan USDT!

Adopsi Crypto di Swiss: Langkah Menuju Masa Depan

bank swiss pilot cbdc

Swiss tidak hanya menjadi pusat inovasi, tetapi juga terdepan dalam adopsi crypto. Pada tanggal 8 Desember 2023, BBVA Switzerland mengumumkan penggunaan platform Harmonize milik Metaco, perusahaan yang dimiliki oleh Ripple, untuk operasi penyimpanan crypto bagi investor institusional.

Di hari yang sama, kota Lugano di Swiss mengumumkan penerimaan Bitcoin dan Tether untuk pembayaran pajak kota. Langkah-langkah ini menunjukkan bagaimana Swiss dan Liechtenstein tidak hanya menjadi tuan rumah bagi proyek-proyek crypto bernilai tinggi, tetapi juga aktif dalam mengintegrasikan crypto ke dalam sistem keuangan dan pemerintahan mereka. Ini merupakan sinyal kuat bagi masa depan crypto yang semakin terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari.

Secara keseluruhan, peningkatan nilai proyek crypto di Swiss dan Liechtenstein menjadi bukti nyata dari dinamika positif yang terjadi di industri ini. Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan sektor swasta, kedua negara ini berpotensi menjadi pemimpin dalam revolusi crypto dan teknologi blockchain di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: