Kejutan di Argentina: Milei, Libertarian Sayap Kanan, Menang Telak!

Kejutan di Argentina: Milei, Libertarian Sayap Kanan, Menang Telak!

Dalam sebuah kejutan politik yang mengejutkan, Milei, seorang libertarian sayap kanan dari Argentina, telah meraih kemenangan besar dalam pemilihan terbaru. Kemenangan ini telah mengguncang pasar dan menimbulkan spekulasi tentang perubahan kebijakan ekonomi yang mungkin terjadi di negara tersebut.

Reaksi Pasar dan Dampak Ekonomi

Pasar domestik Argentina tutup pada hari Senin karena libur lokal, namun obligasi dolar internasional naik hingga 2,6 sen sebelum mengurangi beberapa keuntungan dan berdiri naik 0,9-1,2 sen. Saham perusahaan Argentina yang terdaftar di AS juga naik di pra-pasar dengan perusahaan keuangan dan energi mencatatkan kenaikan 2 digit.

Baca Juga: Petarung UFC El Ninja Jadi Atlet Argentina Pertama yang Dibayar Crypto!

Menurut Fernando D Sedano dari Morgan Stanley, dia mengharapkan perubahan kebijakan meskipun ada batasan politik. Dia juga memprediksi penyesuaian nilai tukar resmi yang signifikan dan upaya untuk menghilangkan defisit fiskal primer pada tahun depan.

Perubahan Kebijakan dan Tantangan

Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin

Milei telah berjanji untuk membatasi peran negara, yang menurut Lucilla Bonilla dari Oxford Economics, akan menghasilkan konsolidasi yang lebih besar. Namun, Argentina harus melakukan restrukturisasi utangnya lagi, jika tidak, default pada tahun 2025 sangat mungkin terjadi.

Diego W. Pereira dari JPMorgan menekankan bahwa Milei menawarkan agenda reformasi yang berani, tetapi tantangan utamanya adalah kemungkinan terhambat oleh manuver politik. Risiko pemerintahan juga muncul mengingat kurangnya struktur partai dan distribusi kekuasaan di Kongres setelah pemilihan umum.

Harapan dan Spekulasi

Chris Turner dari ING berpendapat bahwa akan membutuhkan waktu untuk mendorong reformasi melalui. Namun, investor dan perusahaan akan sangat tertarik untuk melihat perkembangan nilai tukar. Dia juga mengharapkan obligasi melonjak dalam perdagangan hari ini, membawa obligasi lebih dekat ke kisaran pertengahan 30-an.

Bruno Gennari dari KNG Securities berpendapat bahwa sebagian besar diskusi kemungkinan akan berfokus pada rezim nilai tukar. Mengingat komitmen Milei terhadap dolarisasi dan penegasannya bahwa dia akan menerapkan kebijakan syok, diharapkan bahwa eksportir akan menunda penyelesaian untuk memanfaatkan koreksi nilai tukar resmi.

Paragraf Penutup

Meskipun kemenangan Milei telah mengejutkan banyak orang, dampak jangka panjangnya pada ekonomi Argentina masih belum jelas. Namun, satu hal yang pasti adalah bahwa perubahan besar sedang menunggu Argentina.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi