Terungkap! Warga El Salvador yang Memegang Crypto Kurang dari 2%

author:

Terungkap! Warga El Salvador yang Memegang Crypto Kurang dari 2%

Meskipun El Salvador dikenal sebagai negara yang mendukung crypto, sebuah laporan terbaru mengungkapkan bahwa hanya sedikit warga negara tersebut yang benar-benar memiliki aset digital ini. Laporan dari CoinGecko yang dirilis pada tanggal 7 Desember 2023 menyoroti bahwa antusiasme terhadap crypto di El Salvador tidak sebesar yang diharapkan.

Inisiatif pemerintah untuk mendorong adopsi crypto tampaknya belum membuahkan hasil signifikan.

Adopsi Crypto di El Salvador: Angka yang Mengejutkan

Data terbaru dari Triple-A menunjukkan bahwa hanya sekitar 109.175 orang di El Salvador yang memiliki Bitcoin, dari total populasi 6,36 juta jiwa. Ini berarti hanya sekitar 1,72% dari populasi yang terlibat dalam kepemilikan crypto.

Baca juga: Semakin Mendunia! CoinGecko Ungkap Lebih dari Setengah Negara di Dunia Legalkan Crypto

Meskipun El Salvador adalah negara pertama yang menjadikan crypto sebagai alat pembayaran yang sah, posisinya dalam indeks adopsi crypto global berada di peringkat ke-55. Negara lain, termasuk yang telah melarang crypto, justru menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat.

Di China, meskipun ada larangan, sekitar 4,08% dari populasi atau sekitar 58 juta orang dilaporkan memiliki aset digital. Hal ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah tidak selalu berbanding lurus dengan minat masyarakat terhadap crypto.

Investasi Bitcoin di El Salvador: Keuntungan atau Kerugian?

Presiden El Salvador, Nayib Bukele, mengumumkan bahwa total investasi Bitcoin negara tersebut telah mencapai $131 juta. Pada tanggal 4 Desember 2023, investasi ini dikatakan telah menghasilkan keuntungan bersih sebesar $3,6 juta, dengan total keuntungan sebesar 2,84%.

cuitan nayib bukele
Sumber: X

Meskipun terdengar mengesankan, angka ini masih jauh dari mencerminkan adopsi crypto yang luas di kalangan masyarakat El Salvador. Pemerintah El Salvador tidak berhenti di situ, mereka terus berupaya meningkatkan investasi crypto di dalam negeri.

Pada tanggal 8 Desember kemarin, dilaporkan bahwa El Salvador telah memulai inisiatif kewarganegaraan dengan investasi, yang menawarkan visa tinggal dan jalur menuju kewarganegaraan bagi individu yang bersedia berinvestasi sebesar $1 juta dalam Bitcoin atau Tether (USDT) di negara tersebut. Telusuri selengkapnya di El Salvador Luncurkan Visa Kebebasan Berbasis Bitcoin yang Menawarkan Kewarganegaraan!

Upaya Pemerintah Meningkatkan Adopsi Crypto

el salvador bitcoin

Pemerintah El Salvador tampaknya tidak gentar dengan angka adopsi crypto yang rendah. Mereka terus berinovasi dengan berbagai program untuk menarik lebih banyak investor dan pengguna crypto.

Program kewarganegaraan melalui investasi adalah salah satu langkah yang diharapkan dapat memicu minat lebih besar terhadap crypto di kalangan investor asing. Langkah-langkah ini mungkin membutuhkan waktu untuk membuahkan hasil yang signifikan.

Namun, dengan komitmen pemerintah dan potensi crypto sebagai alat pembayaran masa depan, El Salvador mungkin akan melihat peningkatan jumlah pemegang crypto dalam beberapa tahun mendatang.

Secara keseluruhan, el Salvador terus berjuang untuk memposisikan diri sebagai pelopor dalam adopsi crypto. Meskipun tantangan masih ada, upaya pemerintah untuk mempromosikan crypto dan menarik investasi asing mungkin akan membuahkan hasil dalam jangka panjang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: