Justin Sun: Platform Crypto Miliknya Diserang Hacker 4 Kali dalam 2 Bulan!

Justin Sun: Platform Crypto Miliknya Diserang Hacker 4 Kali dalam 2 Bulan!

Dalam dua bulan terakhir, bisnis crypto milik pendiri Tron, Justin Sun, telah mengalami serangan berulang kali dari para hacker. Setidaknya 4 serangan telah terjadi pada platform yang terkait dengan pengusaha crypto ini, dengan kerugian total mencapai sekitar $208 juta.

Serangan Beruntun pada HTX

BitTorrent Chain (BTTC): Solusi Skalabilitas Blockchain
BTCC

HTX, bursa crypto milik Sun, telah diserang setidaknya dua kali sejak platform ini melakukan rebranding dari Huobi pada 13 September 2023. Serangan pertama terjadi hanya beberapa hari setelah rebranding, dengan seorang penyerang yang tidak dikenal mencuri hampir $8 juta dalam crypto pada 24 September 2023.

Baca Juga: Justin Sun, Pendiri Tron, Pindahkan Jutaan Dolar dalam Bentuk Crypto! Apa yang Terjadi?

Dalam serangan kedua, HTX dilaporkan kehilangan $13,6 juta akibat pelanggaran hot wallet yang berdampak pada ekosistem HTX, Tron, dan BitTorrent yang lebih luas. HTX, yang sebelumnya dikenal sebagai Huobi, diakuisisi oleh Sun pada Oktober 2022.

Poloniex dan HECO Juga Jadi Sasaran

Hacker juga menargetkan platform crypto lain yang terkait dengan Sun, termasuk bursa crypto Poloniex milik Sun dan HTX Eco Chain (HECO) bridge. Poloniex mengalami pelanggaran keamanan signifikan pada 10 November ketika penyerang mencuri setidaknya $100 juta dalam crypto dari bursa tersebut.

HECO Chain bridge HTX, alat yang dirancang untuk memindahkan aset digital antara HTX dan jaringan lain seperti Ethereum, juga mengalami pelanggaran besar. Pada 22 November, hacker yang tidak dikenal mengkompromikan HECO, mengirimkan setidaknya $86,6 juta ke alamat yang mencurigakan.

Spekulasi dan Tuntutan Hukum

Meski Sun berjanji untuk mengganti kerugian dari semua insiden tersebut, beberapa penggemar crypto telah mendesak komunitas untuk menjauh dari Poloniex dan HTX. Beberapa bahkan mempertanyakan siapa yang mungkin terlibat dalam serangan tersebut.

Spekulasi ini muncul beberapa bulan setelah Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat atau SEC mengajukan gugatan sipil terhadap Sun, menuduhnya dan perusahaannya seperti Tron dan BitTorrent melakukan penipuan dan pelanggaran hukum sekuritas lainnya pada Maret 2023.

Paragraf Penutup

Dengan serangkaian serangan ini, Sun dan platform crypto-nya tampaknya berada dalam masalah besar. Namun, hingga saat ini, HTX dan Poloniex belum memberikan tanggapan resmi terkait serangan-serangan tersebut.

Baca Juga: Mengenal Justin Sun Pendiri Tron, Berapa Total Kekayaannya Saat Ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi