Artificial Intelligence (AI) dalam Konservasi Paus: Upaya Perlindungan Paus di British Columbia

Artificial Intelligence (AI) dalam Konservasi Paus: Upaya Perlindungan Paus di British Columbia

Jakarta, Pintu News – Lautan British Columbia yang luas dan megah menjadi rumah bagi beragam kehidupan laut, termasuk paus yang agung. Namun, keberadaan paus-paus ini terancam oleh aktivitas manusia, terutama lalu lintas kapal yang padat. Untuk mengatasi masalah ini, sebuah pendekatan konservasi berbasis AI yang inovatif telah dikembangkan untuk melindungi paus di British Columbia.

Teknologi AI untuk Mendeteksi Paus

Kecerdasan buatan (AI) memainkan peran penting dalam upaya konservasi paus di British Columbia. Sistem peringatan paus (Whale Report Alert System/WRAS) yang dikembangkan oleh Ocean Wise menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk menganalisis data akustik bawah laut yang dikumpulkan oleh jaringan mikrofon bawah air (hidrofon).

Baca Juga: Genesis Jual Saham GBTC untuk 32.041 Bitcoin di Tengah Kebangkrutan

Ketika sistem mendeteksi panggilan paus pembunuh, ia akan mengirimkan peringatan secara real-time ke pelaut melalui ponsel mereka.

Mencegah Tabrakan Kapal dengan Paus

Mencegah Tabrakan Kapal dengan Paus
CTV News

Peringatan yang diberikan oleh WRAS memungkinkan pelaut untuk mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari tabrakan dengan paus. Kapal-kapal dapat mengubah arah atau memperlambat kecepatan mereka untuk memberi ruang bagi paus untuk lewat dengan aman. Sistem ini tidak dimaksudkan sebagai alat penegakan hukum, tetapi sebagai alat bantu navigasi yang membantu pelaut membuat keputusan yang tepat di perairan yang ramai.

Tantangan Konservasi Paus

Meskipun AI menawarkan potensi besar untuk konservasi paus, masih ada tantangan yang harus dihadapi. Polusi suara dari aktivitas manusia, seperti lalu lintas kapal dan eksplorasi minyak dan gas, dapat mengganggu komunikasi dan perilaku paus. Paus juga menghadapi ancaman dari perubahan iklim, yang dapat mempengaruhi ketersediaan makanan dan habitat mereka.

Masa Depan Konservasi Paus

Konservasi paus berbasis AI merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya melindungi paus di British Columbia. Dengan terus mengembangkan teknologi AI dan mengintegrasikannya dengan metode konservasi lainnya, kita dapat meningkatkan efektivitas upaya konservasi dan memastikan keberadaan paus di perairan British Columbia untuk generasi mendatang.

Baca Juga: Bitcoin Siap Menghadapi Badai Harga Sempurna Akibat Kebijakan The Fed

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi