Kebijakan Inovatif Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan Diluncurkan oleh Dewan Eropa

Kebijakan Inovatif Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan Diluncurkan oleh Dewan Eropa

Dewan Eropa (CoE) sedang merancang perangkat umum. Dalam upaya ini, pendekatan pengajaran dan pembelajaran yang difasilitasi oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) akan menjadi area fokus, menjadikannya berpusat pada hak asasi manusia, demokratis, dan diatur oleh supremasi hukum.

Implementasi perangkat ini adalah ilustrasi yang bagus dari upaya monumental CoE untuk menggunakan teknologi paling canggih dalam pendidikan sambil sangat ketat dalam melindungi kepentingan pelajar di 47 negara anggota CoE.

Konferensi Penting Dewan Eropa untuk Membentuk Kebijakan Pendidikan AI Masa Depan

AI dan pendidikan adalah beberapa bidang yang melibatkan para ahli dewan. Mereka mengadakan pertemuan yang telah dipanggil secara strategis untuk menentukan ruang lingkup, struktur, dan konten dari perangkat kebijakan AI yang akan segera hadir. Kedua organisasi ini akan berkolaborasi dalam Konferensi Kerja ‘Ahli AI dalam Pendidikan’, yang akan diadakan di Strasbourg dari 24 hingga 25 Oktober 2024.

Baca Juga: Bitcoin Siap Menghadapi Badai Harga Sempurna Akibat Kebijakan The Fed

Konferensi ini akan dipandang sebagai saluran integrasi utama untuk pertemuan konsultasi multi-pemangku kepentingan, termasuk lokakarya paralel yang mengarah ke perangkat yang disesuaikan dan ditingkatkan setelah mengumpulkan dan menganalisis umpan balik dan perspektif.

Kisi pemrograman kebijakan terdiri dari tiga domain dengan program aksi berbeda yang dikembangkan untuk menanggapi masalah utama perumus kebijakan. Strategi ini tidak hanya mengurangi tanggung jawab untuk mengintegrasikan AI dalam metode pendidikan dari para mitra, tetapi juga mewujudkan pengabdian CoE pada pengaturan berbasis teknologi di mana pembelajaran ditingkatkan tanpa pelanggaran pertimbangan etika atau prinsip-prinsip demokrasi.

Inisiatif Toolbox Kebijakan AI Dewan Eropa

teknologi artificial intelligence
Thomson Reuters

Toolbox AI, yang akan diperkenalkan selanjutnya, telah dikembangkan sebagai dasar untuk mempersiapkan rekomendasi tentang pembelajaran yang ditingkatkan AI dalam kerangka tindakan dalam ruang lingkup yurisdiksi CoE.

Memasukkan perangkat ini ke dalam toolbox memastikan fokus dan niat mereka pada jalur yang menembus jaringan kompleks teknologi AI ke dalam sistem pendidikan dan memberi mereka pedoman yang jelas tentang cara menjalankan proses tersebut.

Tujuannya adalah untuk menciptakan penyelarasan yang memungkinkan AI menekankan proses pembelajaran mandiri yang lebih baik yang sangat mumpuni sambil menjaga kepentingan pelajar dan mendorong terciptanya pengalaman belajar yang demokratis.

Visi Dewan Eropa untuk AI yang Etis dalam Pendidikan

Sikap aktif dan progresif Dewan Eropa di bidang penggunaan AI dalam pendidikan mengungkapkan niatnya untuk mengubah alat ini menjadi aset, mengubahnya untuk kepentingan masyarakat. Nilai utama toolbox ini adalah mengubah AI menjadi alat yang efektif, memberikan sistem pendidikan peluang baru dan masa depan manusia yang lebih baik.

Gambar ini menandakan tonggak penting dalam sejarah pendidikan. Di satu sisi, penggunaan teknologi telah membuat proses pembelajaran lebih maju dan bermakna, dan di sisi lain, budaya lembaga pendidikan dibentuk oleh prinsip-prinsip inti hak asasi manusia, demokrasi, dan supremasi hukum.

Baca Juga: Grayscale Guncang Pasar: XRP Naik, ADA Turun!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi