Kebijakan Blockchain Nasional Nigeria Dapat Lampu Hijau dari Pemerintah

author:

Kebijakan Blockchain Nasional Nigeria Dapat Lampu Hijau dari Pemerintah

Terkenal menjadi salah satu negara yang getol mengadopsi blockchain dan crypto, baru-baru ini, pemerintah Nigeria telah secara resmi menyetujui kebijakan blockchain nasional yang bertujuan untuk mempromosikan pengembangan teknologi blockchain dan mendorong adopsi di berbagai sektor industri.

Melalui keputusan ini, Nigeria menandai komitmen pemerintah untuk memperkuat posisi negaranya sebagai pemain utama di pasar blockchain global.

Kebijakan Blockchain Nasional Nigeria

blockchain nasional nigeria
Presiden Nigeria Muhammadu Buhari dan anggota dewan ekonomi digital. Sumber: Benjamindada.com

Dalam sebuah pertemuan yang dilaksanakan pada 3 Mei 2023, pemerintah Nigeria telah menyetujui kebijakan blockchain nasional. Persetujuan tersebut merupakan sebuah respon atas memo yang disampaikan oleh Isa Ali Ibrahim, Menteri Komunikasi dan Ekonomi Digital.

Dalam pengumuman tersebut, Kementerian Komunikasi dan Ekonomi Digital (FMCDE) mengutip laporan dari PricewaterhouseCoopers (PwC) yang memperkirakan adopsi teknologi blockchain secara luas di berbagai industri berpotensi menyumbangkan $1,76 triliun ke produk domestik bruto global pada tahun 2030, yang mana mewakili 1,4% PDB dunia.

Bersamaan dengan kebijakan blockchan nasional, Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi Nigeria bermaksud untuk mempromosikan pengembangan teknologi blockchain dan mendorong adopsi di sektor industri.

Kebijakan ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan teknologi blockchain dan memperkuat posisi Nigeria di pasar blockchain global.

Tidak hanya itu, kebijakan ini dimaksudkan untuk mengatasi tantangan dan risiko terkait dengan penggunaan teknologi blockchain, seperti keamanan dan privasi data.

Baca juga: Wow, New York dan Berlin Tempati Peringkat ke-2 Hub Crypto Terpenting di Dunia!

Dampak Positif dari Kebijakan Blockchain Nasional

Dengan disetujuinya kebijakan blockchain nasional, Nigeria dapat memanfaatkan potensi besar teknologi blockchain untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai sektor industri, seperti keuangan, logistik, kesehatan, dan lainnya.

Menurut laporan, kebijakan blockchain nasional ini juga dapat membuka peluang baru untuk investasi dan menciptakan lapangan kerja yang baru.

Selain itu, kebijakan ini kemungkinan akan membantu Nigeria memperkuat posisinya sebagai pusat teknologi blockchain di Afrika, yang mana berpeluang untuk membuka kolaborasi dan kemitraan dengan perusahaan blockchain dan inovator di seluruh dunia.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Nigeria, Dr. Isa Ali Pantami,

“Kebijakan nasional blockchain bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan teknologi blockchain dan mendorong adopsi di sektor industri. Kami berharap kebijakan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat Nigeria dan meningkatkan daya saing Nigeria di pasar blockchain global.”

SEC Nigeria akan Izinkan Aset Token

Sementara itu, dilansir dari Bein Crypto, Nigeria juga telah mengambil langkah lain sehubungan dengan kegunaan aset yang ditokenisasi. Komisi Sekuritas dan Bursa Efek (SEC) negara tersebut dilaporkan bertujuan untuk mengizinkan aset yang ditokenisasi.

Lebih lanjut, perubahan ini akan mencakup mengizinkan penawaran koin token pada bursa digital berlisensi. Namun, hal ini tetap harus didukung oleh aset yang mencakup ekuitas, utang, atau properti, bukan crypto.

Seperti negara-negara lain, Nigeria ingin memastikan bahwa harus ada standar perlindungan investor tertentu. Tidak hanya itu, SEC Nigeria memiliki fokus untuk membuat perusahaan fintech mendaftar sebagai sub-broker digital, perantara crowdfunding, manajer dana, dan banyak lagi.

Hingga saat ini, pengadopsian Nigeria terhadap teknologi blockchain dan mata uang crypto memang tidak perlu diragukan lagi, pasalnya, pada Februari 2023 lalu, Nigeria diam-diam telah berencana untuk memperluas penggunaan mata uang digital, eNaira.

Cari tahu lebih lanjut mengenai ambisi Nigeria terhadap teknologi blockchain di Gak Sabar Gunakan Teknologi Blockchain, Nigeria Cari Partner untuk Luncurkan eNaira!


Referensi: