Kebangkitan Friend.tech: Dari Diklaim “Mati” Menjadi Fenomena Media Sosial Desentralisasi!

Kebangkitan Friend.tech: Dari Diklaim “Mati” Menjadi Fenomena Media Sosial Desentralisasi!

Platform media sosial desentralisasi, Friend.tech, baru-baru ini mengalami lonjakan luar biasa dalam total value locked (TVL), mencapai lebih dari $20 juta hanya dalam 4 hari terakhir.

Fenomena ini terjadi setelah hanya 2 minggu sebelumnya, banyak kritikus yang menyatakan platform ini “mati”.

Lonjakan Aktivitas dan Volume Perdagangan

Peningkatan Pengguna dan Pendapatan Friend.tech
DeFiLlama

Menurut data dari Dune Analytics, aktivitas di Friend.tech telah mengalami kebangkitan signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Pada tanggal 9 September 2023, aplikasi ini mencatat volume perdagangan harian sebesar $12,3 juta, menjadi yang ketiga tertinggi sepanjang sejarahnya.

Bahkan, volume perdagangan pada hari itu melampaui OpenSea, platform NFT terkemuka, dengan selisih lebih dari $3 juta.

Baca Juga: Gara-gara Friend.tech, Aktivitas Base Melonjak dan Kalahkan Ethereum

Sejumlah tokoh terkenal di luar lingkaran crypto telah bergabung dengan platform ini dalam beberapa minggu terakhir, termasuk beberapa YouTuber terkenal dan pembuat konten OnlyFans.

Richard “FaZe Banks” Bengtson II, salah satu pendiri komunitas esports FaZe Clan, bergabung dan dengan cepat melihat harga sahamnya menjadi salah satu yang paling mahal.

PancakesBrah, akun pseudonim yang bertanggung jawab atas pertumbuhan dan pengembangan bisnis di Friend.tech, menekankan bahwa platform ini bukan hanya untuk pengguna crypto saja. Dengan demikian, platform ini semakin menarik bagi berbagai kalangan.

Peningkatan Pengguna dan Pendapatan

Peningkatan Pengguna dan Pendapatan Friend.tech
Dune Analytics

Data dari Dune Analytics menunjukkan bahwa terjadi lonjakan aktivitas karena banyaknya pengguna baru yang bergabung dengan Friend.tech.

Pada tanggal 9 September 2023, terjadi peningkatan sebesar 104% dalam jumlah pengguna baru yang melakukan setidaknya satu perdagangan di jaringan sosial ini, meningkatkan jumlah total pengguna menjadi 136.474.

Seiring dengan bertambahnya pengguna, jumlah transaksi juga meningkat. Pada tanggal yang sama, total transaksi yang dilakukan mencapai 23.004, meningkat 31% dari 17.506 transaksi yang terdaftar pada 8 September 2023.

Friend.tech alami lonjakan aktivitas pengguna, pendapatan dan biaya yang mencapai level tertinggi sejak 21 Agustus 2023. Total biaya yang dibayarkan untuk memproses perdagangan kunci di jaringan sosial ini mencapai $1,23 juta.

Pembaharuan dan Peningkatan Platform

Meskipun awalnya dihantui oleh bug dan berbagai kesalahan teknis, Friend.tech telah melakukan sejumlah pembaruan yang meningkatkan pengalaman dan fungsionalitas pengguna.

Beberapa fitur baru yang ditambahkan termasuk kemampuan untuk mengunggah foto, opsi pembelian dengan kartu kredit, dan bagian baru untuk melihat berbagai jenis aktivitas.

Friend.tech diluncurkan di layer-2 Coinbase, Base, pada 11 Agustus 2023, dan berhasil menghasilkan biaya sebesar $5,9 juta hanya dalam 10 hari.

Namun, aktivitas pengguna kemudian mengalami penurunan drastis, dengan penurunan biaya harian sebesar 87% dan volume transaksi turun 90% dalam minggu berikutnya.

Baca Juga: Sempat Viral di Komunitas Crypto, Kini Friend.tech Dinyatakan “Mati”, Kok Bisa?

Meskipun mengalami beberapa tantangan, termasuk laporan bahwa database dengan lebih dari 100.000 pengguna bocor, Friend.tech tetap berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi penggunanya.

Kebangkitan Friend.tech menunjukkan bahwa dalam dunia teknologi, perubahan bisa terjadi dengan cepat.

Meskipun menghadapi kritik dan tantangan, dengan inovasi dan komitmen yang kuat, platform ini berhasil membuktikan diri sebagai salah satu pemain utama dalam industri media sosial desentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: