K-Bank Thailand Ambil Alih Saham Bursa Crypto Terkemuka, Ada Apa?

author:

K-Bank Thailand Ambil Alih Saham Bursa Crypto Terkemuka, Ada Apa?

Dalam langkah yang mengejutkan industri keuangan dan crypto, Kasikorn Bank (K-Bank) dari Thailand telah mengakuisisi mayoritas saham di Satang, salah satu bursa crypto terkemuka di negara tersebut. Namun, apa yang mendorong bank terbesar kedua di Thailand ini untuk berinvestasi besar-besaran di dunia crypto?

K-Bank Mengakuisisi Mayoritas Saham Satang

kbank merogoh kocek $100 juta untuk ai dan web3

Menurut laporan, K-Bank telah berhasil mengakuisisi 97% saham dari perusahaan induk Satang Corporation Co. Ltd, sebuah perusahaan yang menawarkan layanan pertukaran aset digital. Kesepakatan ini memiliki valuasi mencengangkan sebesar 3.705 miliar baht Thailand (sekitar $102,8 juta) dan mulai beroperasi pada tanggal 27 Oktober 2023.

Baca juga: Taiwan Guncang Dunia Crypto dengan Regulasi Baru!

Kesepakatan ini dilakukan melalui anak perusahaan baru K-Bank, Unita Capital, yang merupakan salah satu pelopor di pasar buyout Asia yang berinvestasi di perusahaan aset digital.

Setelah kesepakatan ini ditutup, Satang berencana untuk mengganti mereknya menjadi Orbix. Organisasi yang baru terbentuk ini akan mencakup tiga anak perusahaan tambahan: Orbix Invest, Orbix Custodian, dan Orbix Technology.

Visi dan Misi K-Bank di Dunia Crypto

Sebelumnya, K-Bank telah mengumumkan rencana untuk mengumpulkan dana sebesar $100 juta, dengan fokus pada pengembangan Web3, fintech, dan AI.

Udomsak Rakwongwan, seorang profesor di Universitas Kasetsart dan salah satu pendiri FWX.finance, menyatakan bahwa K-Bank sedang meningkatkan permainannya di industri kripto, sejalan dengan SCB (Siam Commercial Bank), salah satu pesaing terbesar K-Bank.

K-Bank telah mendapatkan lisensi pertukaran crypto dan kini menargetkan untuk mendapatkan lisensi lainnya.

Baca juga: Thailand Tunda Pembagian Uang Digital, Kritikus Serukan Penyelidikan!

Transformasi Satang Menjadi Orbix

k-bank thailand ambil alih satang

Setelah akuisisi, Satang akan mengalami perubahan nama menjadi Orbix Trade Company Limited. Bisnis kripto K-Bank akan memiliki tiga divisi, termasuk platform penyimpanan Orbix Custodian, lengan ventura Orbix Invest, dan Orbix Technology.

Satang Corporation adalah salah satu bisnis crypto utama di Thailand, yang mengoperasikan bursa crypto dan layanan aset digital lainnya. Pendiri Satang, Poramin Insom, dikenal telah meluncurkan crypto yang berfokus pada privasi bernama Firo (FIRO).

Pada akhirnya, langkah besar ini oleh K-Bank menunjukkan bagaimana institusi keuangan tradisional semakin melihat potensi dan peluang di industri crypto. Dengan akuisisi ini, K-Bank berharap dapat memperkuat posisinya di pasar crypto Thailand dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: