Heboh, Kazakhstan Kumpulkan Rp100 Miliar dari Pajak Mining Crypto

Heboh, Kazakhstan Kumpulkan Rp100 Miliar dari Pajak Mining Crypto

Kazakhstan, negara yang terletak di Asia Tengah, baru-baru ini menjadi sorotan dunia setelah berhasil mengumpulkan pajak sebesar $7 juta atau setara dengan Rp100 miliar (kurs $1 = Rp14.700) dari sektor penambangan crypto pada tahun 2022.

Angka yang fantastis ini membuat banyak orang tercengang dan memperlihatkan betapa besar potensi industri crypto bagi negara tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peningkatan Pendapatan dari Pajak Mining Crypto

pajak mining crypto kazakhstan
Sumber: BeInCrypto

Dilansir dari Cointelegraph, pada tahun 2022, Kazakhstan berhasil mengumpulkan pajak penambangan crypto sebesar $7 juta dolar atau setara dengan Rp100 miliar (kurs $1 = Rp14.700). Angka ini mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 1,3 juta dolar AS.

Hal ini menunjukkan bahwa industri penambangan crypto di Kazakhstan semakin berkembang dan semakin banyak orang yang tertarik untuk terlibat di dalamnya.

Pemerintah Kazakhstan juga telah mengeluarkan undang-undang baru yang mengatur tentang pajak dan peraturan di sektor penambangan crypto. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah Kazakhstan serius dalam mengembangkan industri crypto di negara tersebut dan siap untuk mengambil untung dari potensi industri yang sangat menjanjikan ini.

Baca Juga: Atur Aktivitas Crypto, Parlemen Kazakhstan Mengadopsi UU. Apa Isinya?

Potensi Penambangan Crypto di Kazakhstan

potensi penambangan crypto kazakhstan
Sumber: The Street

Kazakhstan memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti gas alam, minyak, dan uranium. Selain itu, negara ini juga memiliki biaya listrik yang rendah, yang merupakan faktor penting dalam industri penambangan crypto.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Kazakhstan semakin banyak menarik perhatian para penambang crypto dari seluruh dunia.

Pemerintah Kazakhstan juga terus mendorong pengembangan teknologi blockchain dan crypto di negaranya. Mereka bahkan berencana untuk meluncurkan kriptografi nasional sendiri pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah Kazakhstan sangat mendukung perkembangan industri crypto dan siap untuk bersaing di pasar global.

Baca Juga: Susul China, Kazakhstan Tempati Urutan ke-3 Sebagai Negara Mining Bitcoin Terbesar di Dunia

Tantangan di Depan Industri Penambangan Crypto Kazakhstan

Meskipun Kazakhstan memiliki potensi yang besar dalam industri penambangan crypto, namun masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya adalah peraturan yang tidak jelas terkait dengan pajak dan lisensi.

Selain itu, negara-negara lain juga tengah bersaing untuk menarik minat penambang crypto dengan menawarkan insentif pajak yang lebih besar dan peraturan yang lebih jelas.

Pada 5 Mei 2023, salah satu negara yang terletak di Amerika Serikat, Montana, umumkan legalisasi mining crypto. Seperti apa legalisasi tersebut dan apa keuntungannya untuk para miners di Montana? Baca berita lengkapnya di Montana Legalisasi Mining Crypto, Beri Kemudahan untuk Para Miner!

Referensi: