Kazakhstan Luncurkan Mata Uang Digital Tenge, Apa Dampaknya Bagi Dunia Crypto?

author:

Kazakhstan Luncurkan Mata Uang Digital Tenge, Apa Dampaknya Bagi Dunia Crypto?

Kazakhstan resmi meluncurkan mata uang digital bank sentral (CBDC) mereka, digital tenge. Peluncuran ini menandai langkah besar bagi negara ini dalam memasuki era digital. Ketua National Payment Corporation (NPC) Kazakhstan, Binur Zhalenov, telah melakukan transaksi pertama dengan mata uang digital ini.

Peluncuran Digital Tenge

kazakhstan luncurkan cbdc
Sumber: VOI

Digital tenge resmi diluncurkan di pasar ritel Kazakhstan. Zhalenov berjanji akan ada “pengembangan platform besar-besaran” pada tahun 2024. Menurutnya, Kazakhstan bekerja sama dengan Visa dan Mastercard, serta bank lokal, untuk mengintegrasikan CBDC ke dalam kartu plastik.

Zhalenov juga menyoroti potensi program digital tenge, yang dapat digunakan dalam kontrak pintar, layanan keuangan inovatif, dan transaksi aset digital. Pada tahun 2024, pengembangan CBDC akan berfokus pada pembayaran offline, dan pada tahun 2025, NPC berharap dapat mengadopsi digital tenge dalam perdagangan lintas batas.

Baca juga: Kazakhstan Bentuk Badan Regulasi Khusus CBDC, Seperti Apa Perjalanannya?

Pengembangan dan Implementasi Digital Tenge

potensi penambangan crypto kazakhstan
Sumber: The Street

Pengembangan digital tenge dimulai pada Februari 2023, dengan batas waktu peluncuran awal ditetapkan untuk tahun 2025. NPC sendiri didirikan pada September untuk memimpin pengembangan dan implementasi CBDC.

Seiring dengan peluncuran CBDC yang cepat, otoritas Kazakh telah memperketat pengawasan mereka atas pasar crypto. Pada bulan September, media lokal melihat masalah akses ke Coinbase, Kraken, dan bursa crypto internasional lainnya tanpa lisensi lokal.

Dampak bagi Dunia Crypto

Peluncuran digital tenge ini tentunya membawa dampak bagi dunia crypto. Dengan adanya mata uang digital ini, transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, ini juga menjadi langkah awal bagi negara lain untuk mengikuti jejak Kazakhstan dalam meluncurkan mata uang digital mereka sendiri.

Namun, di sisi lain, peluncuran ini juga menimbulkan kekhawatiran bagi para pelaku pasar crypto. Dengan adanya pengawasan yang lebih ketat dari otoritas, hal ini bisa mempengaruhi kebebasan dalam bertransaksi crypto.

Pada akhirnya, peluncuran digital tenge oleh Kazakhstan adalah langkah besar dalam era digitalisasi. Meski membawa dampak positif, tetapi juga menimbulkan beberapa kekhawatiran. Bagaimanapun, ini adalah awal baru bagi dunia crypto dan kita tunggu saja bagaimana perkembangan selanjutnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: