Kazakhstan Memulai Era Baru Keuangan Digital: Peluncuran Tenge Digital dan Kolaborasi dengan Visa!

Kazakhstan Memulai Era Baru Keuangan Digital: Peluncuran Tenge Digital dan Kolaborasi dengan Visa!

Kazakhstan telah memulai babak baru dalam sektor keuangan dengan meluncurkan tenge digital, versi digital dari mata uang nasional mereka. Inisiatif ini menunjukkan perkembangan penting dalam sistem keuangan dan mata uang negara tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peluncuran Tenge Digital dan Implikasinya

Tenge digital merupakan versi baru dari mata uang nasional yang dirancang untuk merombak infrastruktur pembayaran di Kazakhstan. Diharapkan dapat memperluas akses ke pembayaran non-tunai, meningkatkan transparansi dalam pengeluaran pemerintah, dan membuka peluang untuk layanan keuangan yang inovatif.

Versi digital ini akan memudahkan pengiriman dana kepada warga negara, memastikan pembayaran negara diterima secara efisien dan langsung. Menurut Umut Shayakhmetova, Ketua Dewan Halyk Bank, tenge digital akan memudahkan transaksi yang lebih aman, termasuk transaksi dalam mode offline.

Peluncuran tenge digital ini merupakan momen penting, bertepatan dengan peringatan 30 tahun mata uang nasional Kazakhstan.

Baca Juga: Heboh, Kazakhstan Kumpulkan Rp100 Miliar dari Pajak Mining Crypto

Kolaborasi dengan Visa dan Prospek Masa Depan

kolaborasi visa dan Kazakhstan
The Image created by AI

Kemitraan dengan Visa dalam peluncuran tenge digital merupakan tonggak penting dalam sejarah keuangan Kazakhstan. Vera Platonova, Wakil Presiden Visa, mengungkapkan keyakinannya bahwa mata uang baru ini akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Kazakhstan berambisi untuk sepenuhnya mengimplementasikan tenge digital pada akhir 2025. Langkah ini akan menandai perkembangan besar dalam ekonomi digital dan sektor perbankan negara tersebut. Pengenalan tenge digital di Kazakhstan merupakan langkah maju besar menuju modernisasi lanskap keuangan negara tersebut.

Baca Juga: Kazakhstan Bentuk Badan Regulasi Khusus CBDC, Seperti Apa Perjalanannya?

Kontroversi Pajak Baru dan Kekhawatiran Penambangan

Sementara Kazakhstan mempercepat inisiatif mata uang digitalnya, pihak berwenang juga secara bersamaan memperketat regulasi di pasar crypto. Beberapa bulan terakhir telah melihat peningkatan pengawasan terhadap bursa crypto yang beroperasi tanpa lisensi lokal. Perubahan regulasi ini sejalan dengan pendekatan pemerintah untuk menyeimbangkan inovasi digital dengan keamanan keuangan.

Operator penambangan crypto lokal telah mengajukan permohonan kepada Presiden Kassym-Jomart Tokayev sebagai respons terhadap perubahan regulasi ini. Mereka meminta revisi tarif pajak baru yang dikenakan pada aktivitas mereka, menekankan perlunya pendekatan seimbang terhadap regulasi yang mendorong pertumbuhan sambil memastikan kepatuhan dan keamanan.

Peluncuran tenge digital dan kolaborasi dengan Visa menunjukkan komitmen kuat Kazakhstan terhadap inovasi teknologi dalam sektor perbankan. Meskipun demikian, tantangan dalam bentuk regulasi baru dan kekhawatiran penambangan crypto tetap menjadi isu yang perlu ditangani.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: