Heboh! Kazakhstan Blokir Akses Coinbase, Apa yang Terjadi?

Heboh! Kazakhstan Blokir Akses Coinbase, Apa yang Terjadi?

Pemerintah Kazakhstan, yang dikenal dengan industri penambangan crypto yang kuat, baru-baru ini membuat heboh dengan memblokir akses ke platform crypto besar, Coinbase. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Alasan Pemerintah Kazakhstan Memblokir Coinbase

Kementerian Kebudayaan dan Informasi Republik Kazakhstan telah mengkonfirmasi pemblokiran Coinbase, salah satu bursa crypto terbesar di dunia. Langkah ini diambil karena adanya kekhawatiran bahwa Coinbase melanggar Hukum Aset Digital Kazakhstan yang diberlakukan pada Februari 2023.

Menurut hukum ini, penerbitan dan perdagangan mata uang digital serta operasi bursa kripto tanpa lisensi nasional dilarang. Astana International Financial Center (AIFC), zona ekonomi khusus di Kazakhstan, bertanggung jawab untuk memberikan lisensi nasional.

Beberapa platform, termasuk Binance, Bybit, CaspianEx, Biteeu, ATAIX, Upbit, dan Xignal&MT, telah mendapatkan lisensi ini, sehingga memungkinkan mereka beroperasi di Kazakhstan.

Baca Juga: Kazakhstan Tengah Bersiap Legalkan Aset Crypto

Coinbase Bukan Satu-satunya yang Terkena Dampak

Coinbase bukan satu-satunya platform yang terkena dampak pemblokiran ini. Kementerian Kebudayaan dan Informasi juga menjelaskan alasan pemblokiran situs Interactive Brokers dan New York Mercantile Exchange (NYMEX).

Menurut laporan, mereka melanggar hukum dengan melakukan aktivitas perdagangan kripto, yang bertentangan dengan kerangka hukum Kazakhstan. Situs NYMEX dilaporkan diblokir karena memungkinkan perdagangan futures crypto di luar yurisdiksi AIFC, tanpa mendapatkan izin kerja dari Astana Financial Services Regulatory Committee (AFSA).

Namun, setelah pemblokiran awal, situs Interactive Brokers dan NYMEX dibuka kembali setelah permintaan dari Financial Monitoring Agency. Alasan pembukaan kembali ini tidak diungkapkan.

Baca Juga: Krisis Energi di Kazakhstan, Para Penambang Crypto Kirim Surat Terbuka ke Presiden

Reaksi dan Dampak dari Pemblokiran Ini

Tindakan ini tidak luput dari perhatian. Perusahaan lokal dan asing di Kazakhstan telah menyuarakan kekhawatiran mereka, dan beberapa menganggap pemblokiran situs ini sebagai kesalahan. Analis keuangan Andrey Chebotarev menyoroti bahwa broker asing dan bursa crypto hampir tidak dapat diakses dari Kazakhstan, menyebabkan kesulitan bagi investor lokal.

Selain itu, tindakan pemerintah ini menimbulkan pertanyaan tentang sikap Kazakhstan terhadap crypto dan penyedia layanan keuangan asing, seiring negara tersebut terus menavigasi lanskap digital yang terus berkembang.

Pemblokiran ini menunjukkan bahwa pemerintah Kazakhstan mengambil sikap tegas terhadap sektor crypto. Namun, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang bagaimana negara ini akan menavigasi lanskap digital yang terus berkembang dan apa dampaknya bagi investor dan perusahaan di sektor ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: