Kazakhstan Berantas 980 Bursa Crypto Ilegal!

author:

Kazakhstan Berantas 980 Bursa Crypto Ilegal!

Kazakhstan mengejutkan dunia dengan tindakan tegasnya terhadap industri crypto. Hampir seribu bursa crypto tanpa lisensi telah diblokir oleh otoritas setempat. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memerangi kegiatan pencucian uang dan operasi bursa ilegal yang marak terjadi.

Penyergapan Bursa Crypto Ilegal

Pemerintah Kazakhstan, melalui Badan Pemantauan Keuangan (FMA), telah menutup akses ke 980 platform crypto yang beroperasi tanpa izin resmi.

Ruslan Ostroumov, ketua FMA, mengumumkan hal ini dalam pertemuan Eurasian Group on Combating Money Laundering di China. Dalam upaya memerangi kegiatan ilegal, FMA juga telah memulai sembilan penyelidikan terkait transaksi bursa ilegal dan pencucian uang.

Penyelidikan ini menunjukkan keseriusan Kazakhstan dalam menegakkan hukum dan mengatur sektor crypto dengan lebih ketat.

Baca juga: Kazakhstan Luncurkan Mata Uang Digital Tenge, Apa Dampaknya Bagi Dunia Crypto?

Penutupan Akses Coinbase dan Lainnya

coinbase kazakhstan
Sumber: Business Post

Salah satu platform crypto besar yang terkena dampak adalah Coinbase, yang diblokir oleh Kementerian Kebudayaan dan Informasi atas permintaan Kementerian Pembangunan Digital. Pemblokiran ini merupakan bagian dari penerapan Undang-Undang Aset Digital yang baru, yang mengharuskan semua bursa crypto untuk memiliki lisensi nasional.

Meskipun banyak yang diblokir, beberapa bursa crypto seperti Binance, Bybit, dan Upbit telah mendapatkan persetujuan untuk beroperasi di Kazakhstan. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah terbuka terhadap kegiatan crypto yang legal dan terdaftar secara resmi.

Kazakhstan di Panggung EAG

Kazakhstan menunjukkan komitmennya dalam memerangi kejahatan aset virtual di panggung internasional. Pada pertemuan EAG ke-39 di Sanya, China, delegasi Kazakhstan mempresentasikan strategi dan solusi inovatif mereka dalam menangani kejahatan crypto.

AFMRK, lembaga yang bertanggung jawab atas pengawasan keuangan di Kazakhstan, telah menyita dana ilegal senilai $36,7 juta. Ini menegaskan upaya negara tersebut dalam memerangi jaringan kriminal di ekosistem aset virtual. Selain itu, Kazakhstan juga fokus pada langkah-langkah pencegahan, termasuk program edukasi dan kampanye kesadaran publik.

Pada akhirnya, kazakhstan telah menetapkan standar baru dalam penanganan kegiatan crypto ilegal. Dengan tindakan keras terhadap hampir seribu bursa crypto tanpa lisensi, negara ini menunjukkan keseriusannya dalam menciptakan lingkungan keuangan yang aman dan teratur.

Langkah ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi negara lain dalam memerangi kejahatan crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: