Kasus Binance vs SEC: Putusan Terra Tidak Berdampak Signifikan!

Kasus Binance vs SEC: Putusan Terra Tidak Berdampak Signifikan!

Dalam perkembangan terbaru yang menarik perhatian dunia crypto, kasus hukum antara Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dengan Binance mengambil giliran yang menarik.

SEC, yang mengutip putusan dalam kasus SEC v. Terraform Labs, tampaknya berusaha memanfaatkan putusan Terra dalam kasusnya melawan Binance. Namun, para ahli hukum menilai bahwa putusan Terra mungkin tidak memiliki dampak langsung yang signifikan terhadap kasus Binance. Simak beritanya disini!

Putusan Terra dalam Kasus Binance dan Coinbase

Dave Weisberger, co-CEO CoinRoutes, memberikan komentar tentang kasus Terra, menekankan bahwa fokus utama kasus tersebut adalah pada pemasaran UST, LUNA, dan yield melalui Anchor Protocol oleh Do Kwon, co-founder dan mantan CEO Terraform Labs. Kasus ini berputar di sekitar definisi kontrak investasi daripada token itu sendiri, yang penting untuk memahami argumen SEC dan dampak potensialnya.

Bill Morgan, seorang ahli hukum dengan pandangan pro-crypto, setuju dengan penilaian Weisberger. Morgan menyatakan bahwa penerapan uji Howey dalam kasus Terraform Labs mungkin bersifat unik dan mandiri, mirip dengan keputusan Torres tentang penjualan XRP oleh Ripple. Morgan menyarankan bahwa putusan Terra mungkin memiliki relevansi dan nilai persuasif yang terbatas dalam konteks kasus Coinbase dan Binance.

Baca Juga: CZ Binance Menyangkal Klaim dari Sekuritas Amerika, Faktanya Sebaliknya?

Ketergantungan SEC pada Kasus Terra

ketergantungan sec pada kasus terra
Sumber: Coindesk

SEC berargumen bahwa penerapan Uji Howey oleh pengadilan untuk mengklasifikasikan UST, LUNA, wLUNA, dan MIR sebagai kontrak investasi dan sekuritas sangat relevan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh Binance.

Ini termasuk BUSD (Binance USD), layanan staking BNB Vault, dan program Simple Earn. SEC menekankan bahwa putusan Terra harus mempengaruhi keputusan pengadilan tentang mosi penolakan Binance.

Namun, Bill Morgan menantang gagasan bahwa putusan Terra secara langsung berlaku untuk kasus SEC melawan Binance dan Coinbase. Morgan berpendapat melawan upaya SEC untuk memperluas jangkauan putusan ke aset digital dan layanan yang ditawarkan oleh bursa, dengan menyatakan bahwa token dan layanan tersebut berada di luar cakupan hukum sekuritas.

Baca Juga: Binance Hentikan Deposit Rubel Rusia dan Bekukan Dana Ilegal, Apa Dampaknya Bagi Kamu?

Pertimbangan Hukum dan Dampak Masa Depan

Kasus hukum antara SEC dan dua bursa crypto terpenting di dunia ini memerlukan pertimbangan hati-hati dari fakta dan argumen hukum yang disajikan oleh kedua belah pihak. Pengadilan perlu menentukan aplikabilitas dan nilai persuasif dari putusan Terra dalam kasus ini.

Pertimbangan ini tidak hanya penting untuk kasus Binance dan Coinbase, tetapi juga untuk masa depan regulasi crypto secara umum. Keputusan yang diambil dalam kasus ini bisa membentuk cara pandang regulator terhadap aset digital dan layanan terkait di masa depan.

Kesimpulan

Putusan dalam kasus Terraform Labs oleh SEC mungkin tidak memiliki dampak langsung yang signifikan pada kasus Binance, menurut para ahli hukum. Keputusan ini menyoroti kompleksitas hukum yang terlibat dalam regulasi crypto dan pentingnya memahami spesifik setiap kasus. Hasil akhir dari kasus ini akan sangat menentukan arah masa depan industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi