Kartu Crypto Visa Memfasilitasi Pembayaran $3 Miliar Dolar Sejak Tahun 2021

author:

Kartu Crypto Visa Memfasilitasi Pembayaran $3 Miliar Dolar Sejak Tahun 2021

Pembayaran menggunakan crypto semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat dunia, dan Visa, salah satu raksasa dalam industri pembayaran, telah memainkan peran penting dalam hal ini. Menurut Akshay Chopra, Wakil Presiden Visa, perusahaan telah memfasilitasi volume pembayaran senilai $3 miliar sejak tahun 2021 melalui kerjasama dengan bursa crypto.

Visa dan Crypto: Kolaborasi yang Menguntungkan

Visa telah berkolaborasi dengan 75 bursa crypto terbesar pada tahun 2021 untuk memungkinkan mereka menerbitkan kartu Visa. Langkah ini telah membuka jaringan sekitar 80 juta pedagang Visa yang dapat melayani pelanggan yang lebih memilih menggunakan crypto sebagai alat pembayaran.

Meski penggunaan crypto untuk pembelian sehari-hari seperti secangkir kopi di kafe belum sepenuhnya merata, kerjasama ini telah membantu mendorong adopsi crypto di berbagai sektor.

Chopra menekankan bahwa kolaborasi ini telah memfasilitasi $3 miliar volume pembayaran sejak tahun 2021. Ini menunjukkan betapa pentingnya peran Visa dalam menghubungkan mata uang konvensional dan crypto.

Baca juga: Dari Kartu Kredit ke Crypto, Visa Bagikan Pandangan Mengenai Blockchain

Potensi Blockchain dan Tantangan Regulasi

Selain itu, Chopra juga menyoroti potensi solusi berbasis blockchain dalam mengubah dan membawa inovasi ke dalam penyelesaian pembayaran antar lembaga keuangan. Dia menunjukkan bahwa protokol pembayaran yang ada seperti sistem pembayaran SWIFT masih memiliki keterbatasan, termasuk tidak beroperasi 24 jam sehari.

Namun, regulasi masih menjadi tantangan bagi lembaga keuangan tradisional untuk sepenuhnya memanfaatkan teknologi blockchain dan pembayaran berbasis crypto. Chopra berpendapat bahwa lingkungan regulasi progresif di yurisdiksi seperti Uni Emirat Arab lebih menguntungkan bagi peserta industri dibandingkan dengan regulasi reaktif di negara-negara seperti Amerika Serikat.

Visa terus berinovasi dan berinvestasi dalam teknologi crypto dan blockchain. Dengan peluncuran peta jalan produk crypto dan investasi $100 juta untuk mengeksplorasi produk dan solusi berbasis kecerdasan buatan, Visa berkomitmen untuk mendorong adopsi pembayaran crypto dan blockchain oleh lembaga keuangan tradisional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: