TrueUSD (TUSD) Melampaui Binance USD (BUSD) dengan Kapitalisasi Pasar $3,4 Miliar!

author:

TrueUSD (TUSD) Melampaui Binance USD (BUSD) dengan Kapitalisasi Pasar $3,4 Miliar!

TrueUSD (TUSD) baru-baru ini mencapai kapitalisasi pasar sebesar $3,4 miliar, melampaui Binance USD (BUSD) untuk pertama kalinya. Hal ini terjadi setelah Binance memutuskan untuk menghentikan dukungan terhadap BUSD karena tekanan regulasi dari AS.

TUSD Mengungguli BUSD di Tengah Pertarungan Regulasi

Beberapa waktu lalu, Binance menghentikan dukungannya untuk BUSD setelah penerbit token, Paxos, menghentikan pencetakan token baru. Tekanan regulasi dari otoritas AS mendorong Paxos untuk menghentikan produksi, memaksa Binance untuk meninjau kembali strategi portofolionya.

Baca juga: 7 Stablecoin Terpopuler Saat Ini

Keputusan ini menandai momen penting, menurunkan valuasi pasar BUSD menjadi di bawah $3 miliar, berdasarkan data Etherscan dari 3 September 2023.

kapitalisasi pasar tusd
Grafik Kapitalisasi Pasar TrueUSD (TUSD) – Sumber: CoinMarketCap

Sementara itu, TUSD, yang sebelumnya dianggap sebagai saingan yang lebih kecil dari BUSD, melihat pertumbuhannya melonjak. Dalam rentang tiga hari, pasokan TUSD meningkat dari 2,9 miliar menjadi 3,438 miliar, menunjukkan pertumbuhan luar biasa sebesar 18,55%.

Faktor yang Mendorong Pertumbuhan TUSD

Beberapa faktor tampaknya telah berkontribusi pada kenaikan mendadak TUSD, banyak di antaranya berkaitan dengan taktik perubahan Binance. Sebagai contoh, Binance baru-baru ini meluncurkan dua proyek, Sei dan CyberConnect, di platform Launchpool-nya. Di sana, pengguna dapat menyetor TUSD mereka untuk menambang token baru.

Selain itu, TUSD kini dapat diakses melalui gateway pembayaran crypto Alchemy Pay, memperluas jangkauannya ke 173 negara. Langkah-langkah ini menunjukkan seberapa dalam TUSD telah terintegrasi dengan Binance, meskipun yang terakhir ini beralih dari stablecoin sendiri, BUSD.

Menurut firma analitik data Nansen, Binance memiliki lebih dari 5% pasokan TUSD dan mengelola aset senilai $17 miliar dari Tether (USDT). Kepemilikan ini menunjukkan fleksibilitas strategis Binance saat menghadapi pengawasan regulasi dan persaingan pasar.

Baca juga: Tether Catat Laba Fantastis, Cadangan Berlebih Tembus $3,3 Miliar pada Q2 2023!

Strategi TUSD dalam Menghadapi Dinamika Pasar

TUSD juga fokus pada peningkatan pengalaman pengguna, strategi kunci dalam merebut pangsa pasar yang lebih besar. Peluncuran domain baru dan desain ulang situs web bertujuan untuk menawarkan pengalaman pengguna yang mulus.

Dalam ekosistem stablecoin yang lebih luas, lonjakan TUSD menggambarkan dinamika pasar yang dipengaruhi oleh realitas regulasi dan keputusan bisnis strategis.

TUSD memanfaatkan momen yang tepat untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Namun, kenaikannya juga menekankan ketidakpastian crypto, di mana posisi pasar dapat berubah drastis dalam hitungan hari.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: