Mendominasi Pasar Stablecoin, Kapitalisasi Pasar Tether (USDT) Mencapai Rekor Baru dengan $84 Miliar!

author:

Mendominasi Pasar Stablecoin, Kapitalisasi Pasar Tether (USDT) Mencapai Rekor Baru dengan $84 Miliar!

Tether (USDT), stablecoin terbesar di dunia, telah mencapai rekor baru dalam kapitalisasi pasar, mendekati angka penting $84 miliar. Menurut laporan dari perusahaan analitik on-chain, Into The Block, peningkatan ini menunjukkan tingkat adopsi yang semakin meningkat.

Dengan pertumbuhan ini, Tether semakin memperkuat dominasinya di pasar stablecoin. Simak lebih lanjut, yuk!

Pertumbuhan Cap Pasar USDT dan Dampaknya

kapitalisasi pasar tether usdt
Sumber: Twitter

Pertumbuhan kapitalisasi pasar USDT telah mencerminkan peningkatan adopsi dan permintaan untuk stablecoin ini. Menurut data dari IntoTheBlock, pasokan dan kapitalisasi pasar Tether telah mencapai level tertinggi baru bulan ini, mendekati patokan $84 miliar. Tidak hanya itu, pasokan USDT yang beredar juga naik hampir 30% dari tahun ke tahun.

Baca juga: Tether Pasang Strategi Baru: Beli Bitcoin dari 15% Laba Bersihnya!

Mengutip laporan AMB Crypto, dari perspektif angka, kapitalisasi pasar USDT mencapai puncaknya pada $83,83 miliar pada 21 Juli 2023. Jumlah yang jauh lebih tinggi daripada puncaknya pada tahun 2022 yang sedikit di atas level $83,20 miliar.

Pertumbuhan kapitalisasi pasar biasanya mencerminkan kinerja harga sebagian besar aset digital dalam keadaan normal. Hal ini berbeda dengan stablecoin karena harganya tetap. Namun demikian, hal ini tetap merepresentasikan jumlah nilai modal, atau jumlah stablecoin yang tersedia.

Dominasi USDT di Pasar Stablecoin

Meski pasar stablecoin secara umum mengalami penurunan besar di tahun 2023, kehilangan lebih dari $12,17 miliar sejak awal tahun, USDT telah menunjukkan pertumbuhan yang kuat, mengumpulkan lebih dari $17 miliar dalam kapitalisasi pasar.

Data dari DeFiLlama baru-baru ini menunjukkan bahwa dominasi pasar Tether telah tumbuh sekitar 19% di tahun 2023, dengan token ini sekarang mewakili dua pertiga dari pasar stablecoin.

Sementara peningkatan ini sebagian besar didorong oleh kinerja USDT yang mengesankan, juga ada penurunan signifikan dalam pangsa pasar beberapa stablecoin terkemuka lainnya.

Baca juga: Meski Menghadapi Penolakan, RUU Stablecoin AS Lolos dari Persetujuan Komite Kongres!

Stablecoin DeFi Bersiap untuk Menyaingi Pesaing Sentralisasi

Sementara itu, stablecoin DeFi telah meluncurkan beberapa peningkatan yang mengesankan saat mereka berusaha untuk menutup celah antara mereka dan pesaing sentralisasi mereka.

MakerDAO baru-baru ini meningkatkan Tingkat Tabungan DAI (DSR) menjadi 3,49%, dan ada kemungkinan peningkatan menjadi 8% dalam beberapa minggu mendatang. Selain itu, protokol Frax akan meluncurkan FRAX v3 pada Agustus 2023 saat mereka berusaha membuat FRAX menjadi token sepenuhnya algoritmik, memisahkan proses pencetakan dari token USDC.

Pada akhirnya, dengan kapitalisasi pasar yang terus meningkat, Tether (USDT) semakin memperkuat posisinya sebagai stablecoin terbesar di dunia. Pertumbuhan ini menunjukkan tingkat adopsi dan permintaan yang semakin meningkat untuk stablecoin ini, yang berpotensi memiliki dampak signifikan pada pasar crypto secara keseluruhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: