Kapitalisasi Pasar Smart Contract Melonjak Hingga Rp1,1 Kuadriliun dalam 30 Hari? Ini Dia Alasannya!

Kapitalisasi Pasar Smart Contract Melonjak Hingga Rp1,1 Kuadriliun dalam 30 Hari? Ini Dia Alasannya!

Kapitalisasi pasar dari ekonomi token platform smart contract telah mengalami peningkatan signifikan dari $243 miliar menjadi $321 miliar dalam waktu 30 hari hingga pertengahan Januari 2023 atau setara dengan masing-masing Rp3,6 kuadriliun dan Rp4,8 kuadriliun ($1 = Rp15.120).

Apa yang memicu kenaikan kapitalisasi pasar token smart contract dalam waktu yang singkat ini? Simak informasi selengkapnya seperti dilansir laman The Bit Times berikut ini.

Total Kapitalisasi Pasar Smart Contract Kini Capai Rp4,8 Kuadriliun!

Sekitar 30 hari yang lalu, pada 18 Desember 2022, ekonomi token smart contract bernilai Rp3,6 kuadriliun dan banyak koin mengalami penurunan nilai yang cukup besar. Ethereum (ETH) dan Cardano (ADA) misalnya, masing-masing mengalami penurunan nilai sebesar 6,1% dan 14,4% pada minggu tersebut.

Setidaknya terdapat 10 koin smart contract terkemuka yang pada minggu tersebut mengalami penurunan hingga dua digit terhadap dolar AS. Namun selama sebulan terakhir, ekonomi token platform smart contract telah mengalami pertumbuhan sebesar $75 miliar atau setara dengan Rp1,1 kuadriliun pada 17 Januari 2023 dengan total kapitalisasi pasar terkini senilai Rp4,8 kuadriliun.

Peningkatan harga crypto ini tak hanya berdampak pada token platform smart contract saja, beberapa aset crypto lainnya pun mengalami kenaikan siginifikan selama 7 hari terakhir. Bitcoin misalnya, dalam waktu 7 hari terakhir dari tanggal 3 Januari hingga 10 Januari 2023, harga Bitcoin (BTC) menunjukkan kenaikan yang signifikan.

Dilansir dari Cointelegraph, ada beberapa hal dan peristiwa yang mendukung kenaikan harga BTC dalam seminggu terakhir. Kira-kira mengapa BTC bisa mengalami kenaikan harga signifikan? Simak informasi selengkapnya mengenai 3 Faktor Utama Pendorong Kenaikan Harga Bitcoin di sini.

Beberapa token crypto lainnya pun alami kenaikan fantastis selama awal tahun 2023 ini, beberapa di antaranya adalah:

Nilai Total Terkunci DeFi Meningkat Sebesar $5,39 Miliar dalam 1 Bulan!

Nilai Total Terkunci DeFi Meningkat Sebesar $5,39 Miliar dalam 1 Bulan!
defillama.com

Tak hanya kenaikan kapitalisasi pasar saja, ekonomi token platform smart contract juga berhasil mengalami peningkatan total nilai yang dikunci dalam protokol DeFi sebesar $5,39 miliar atau setara dengan Rp81,3 triliun dalam jangka waktu yang sama atau selama 1 bulan.

Pada 18 Desember 2022 yang lalu, TVL (total value locked) DeFi berada di kisaran angka $39,9 miliar atau setara dengan Rp602 trilun dan sejak itu berkembang menjadi $45,29 miliar atau setara dengan Rp683 triliun. Salah satu protokol DeFi yang mengalami kenaikan terbesar dan paling mendominasi pada 17 Januari 2023 adalah liquid staking solution Lido.

Lido memiliki ukuran TVL keseluruhan sekitar $7,81 miliar yang setara dengan Rp117,8 triliun dan mewakili sekitar 17,2% dari TVL DeFi yang bernilai Rp683 triliun. Kira-kira peristiwa apa yang mendorong kenaikan TVL Lido tersebut? Simak informasi selengkapnya mengenai Lido Raih TVL Tertinggi di DeFi di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: