Kapitalisasi Pasar Token BRC-20 Sentuh Rp1,7 Triliun, Kini Jadi Haluan Crypto Meme?

author:

Kapitalisasi Pasar Token BRC-20 Sentuh Rp1,7 Triliun, Kini Jadi Haluan Crypto Meme?

Ketika seseorang berpikir tentang mata uang digital, Bitcoin mungkin yang pertama kali terlintas dalam benak banyak orang. Namun, dunia crypto terus berkembang, dan sekarang ada banyak token crypto lain yang menarik minat para investor.

Di antara banyak token yang bermunculan, token BRC-20 menjadi salah satu yang baru-baru ini mengalami lonjakan pasar yang luar biasa. Apa sebenarnya BRC-20 token, dan apakah mereka akan menjadi meme coin selanjutnya?

Apa Itu BRC-20 Token?

apa itu brc-20
Twitter

Secara singkat, BRC-20 token adalah token crypto yang dibangun di atas blockchain Bitcoin. Token ini memungkinkan pengembang untuk membuat token mereka sendiri, yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti hadiah, penghargaan, atau bahkan mata uang digital alternatif.

Beberapa waktu belakangan ini, BRC-20 token telah menjadi sangat populer di kalangan komunitas crypto karena memungkinkan pengembang untuk dengan mudah menciptakan token mereka sendiri tanpa perlu mengembangkan blockchain dari awal.

Baca juga: Crypto Winter Selesai, Harga Bitcoin (BTC) Diprediksi Bakal Tembus Rp1,4 Miliar di 2024!

BRC-20 Token vs Meme Coin

Memiliki hubungan, BRC-20 token sering disebut sebagai meme coin baru karena popularitas mereka yang tumbuh pesat di kalangan investor. Namun, ada perbedaan mendasar antara keduanya.

BRC-20 token dibangun di atas blockchain Bitcoin, sementara meme coin sering kali dibuat tanpa dasar yang kurang kuat dan tidak memiliki fitur-fitur yang sama dengan token crypto lainnya. Meski begitu, beberapa pengembang telah mencoba menciptakan BRC-20 token yang meniru meme coin dengan tujuan menghasilkan keuntungan.

volume transaksi brc-20
Volume transaksi token BRC-20 – Dune

Selain itu, volume token BRC-20 baru-baru ini mencapai puncaknya pada tanggal 1 Mei dengan 366.000 transaksi, dengan jumlah total transaksi di jaringan menjadi 2,36 juta.

Seiring dengan meningkatnya transaksi BRC-20, biaya transaksi pun melonjak karena aktivitas token baru. Sejak diluncurkan pada akhir April, jaringan ini telah menghasilkan 109,7 BTC tambahan dalam bentuk biaya transaksi untuk para penambang.

Di sisi lain, kegilaan meme coin telah menjadi topik penting di blockchain Ethereum, tetapi dengan munculnya standar BRC-20, tren yang sama juga terlihat pada blockchain Bitcoin.

Lebih lanjut, kegilaan meme coin juga telah menyebabkan peningkatan yang signifikan pada biaya gas jaringan Ethereum, yang berkontribusi pada keramaian jaringan.

Lonjakan Pasar BRC-20 Token

Saat ini, pasar BRC-20 token sedang mengalami ledakan popularitas. Menurut laporan terbaru, kapitalisasi pasar token BRC-20 telah melebihi Rp1,7 triliun, dan beberapa di antaranya bahkan mengalami kenaikan hingga 600%.

kapitalisasi pasar brc-20
Kapitalisasi pasar token BRC-20 – Ordinals

Di samping kepopulerannya, banyak ahli crypto menganggap tren ini sebagai tanda bahwa pasar sedang mengalami gelembung, yang mana banyak dari BRC-20 token yang dibuat hanyalah mencoba mengikuti tren pasar.

Meski begitu, beberapa orang lainnya telah melihat proyek-proyek penting dari token ini termasuk ordi, $OG$, PEPE, MEME, PUNK, SHIB, dan DOMO, yang dalam beberapa waktu lalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Munculnya token BRC20 dan inskripsi Ordinals, yang sebagian besar terdiri dari teks, tidak bisa dihindari telah mendorong biaya rata-rata dan median Bitcoin melonjak.

Pada minggu lalu, salah satu meme coin yang baru saja dirilis, Pepe, tercatat telah mengalami kenaikan lebih dari 152% dan behasil mengalahkan volume perdagangan harian meme coin yang sudah lebih dulu hadir, Dogecoin.

Mau tau lebih lanjut peningkatan dari meme coin Pepe? Simak selengkapnya di Lagi Viral, Meme Coin Pepe Kalahkan Volume Perdagangan Dogecoin dan Cetak Miliarder!


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: