Kapasitas Lightning Network dalam Dolar AS Melonjak ke Rekor Tertinggi!

author:

Kapasitas Lightning Network dalam Dolar AS Melonjak ke Rekor Tertinggi!

Bitcoin tidak hanya menjadi satu-satunya metrik yang mencapai rekor tertinggi baru-baru ini.

Lightning Network, protokol pembayaran lapis kedua pada Bitcoin yang dirancang untuk mempercepat transaksi pembayaran, telah mengalami lonjakan kapasitas dalam mata uang Dolar AS, naik 37% hanya dalam sebulan terakhir, menurut data dari The Block.

Namun, kapasitas bitcoin pada jaringan tersebut turun 5% selama periode yang sama.

Kapasitas Dolar AS Lightning Network Meroket

Saat ini, Lightning Network memiliki kapasitas hampir $325 juta dalam mata uang Dolar AS, rekor tertinggi baru yang signifikan, sementara kapasitas bitcoin, saat ini berada di angka 4.680, 17% lebih rendah dari rekor tertingginya, menurut data The Block.

Baca juga: Bitcoin Lightning Network Mampu Menangani Transfer Senilai Lebih dari $210 Juta!

Sumber: The Block

Peningkatan kapasitas dalam mata uang Dolar AS ini tidak terlalu mengejutkan, karena bitcoin sedang menguji level harga tertinggi baru sepanjang masa. Rekor sebelumnya untuk kapasitas Lightning Network juga bertepatan dengan kenaikan harga bitcoin.

Kapasitas Lightning Network mengacu pada Dolar AS dan bitcoin yang terkunci dalam saluran pembayaran dua arah yang dibangun di atas blockchain Bitcoin, memungkinkan transaksi cepat dan berbiaya rendah, dengan penyelesaian akhir pada blockchain Bitcoin.

Pentingnya Membangun Infrastruktur dan Kapasitas Lightning Network

David Marcus, CEO perusahaan Lightning Network tingkat perusahaan Lightspark, menyoroti pentingnya membangun infrastruktur dan kapasitas jaringan dalam sebuah episode podcast The Scoop Juni lalu.

“Terutama karena kita sebenarnya dapat menjamin bahwa pembayaran yang lebih besar pun berhasil di Lightning, yang sebelumnya cukup sulit dicapai,” kata Marcus kepada The Block.

Kapasitas Bitcoin Menurun

Meskipun kapasitas Lightning Network dalam Dolar AS melonjak, kapasitas bitcoin pada jaringan tersebut justru mengalami penurunan sebesar 5% selama periode yang sama.

Baca juga: BTC Tembus Rp1,1 Miliar, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (12/3/24)?

Penurunan ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk meningkatnya biaya transaksi bitcoin dan meningkatnya minat pada mata uang kripto lainnya.

Secara keseluruhan, lonjakan kapasitas Lightning Network dalam Dolar AS adalah tanda positif untuk adopsi jaringan pembayaran lapis kedua ini. Dengan meningkatnya kapasitas, Lightning Network dapat memfasilitasi lebih banyak transaksi dan menjadi lebih berguna bagi pengguna.

Namun, penurunan kapasitas bitcoin pada jaringan tersebut menunjukkan bahwa masih ada beberapa tantangan yang harus diatasi sebelum Lightning Network dapat sepenuhnya menggantikan transaksi bitcoin on-chain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoSlate