Bitcoin Halving Countdown 2024: 60 Hari Lagi Menuju Bitcoin Halving Day!

Bitcoin Halving Countdown 2024: 60 Hari Lagi Menuju Bitcoin Halving Day!

Peristiwa halving Bitcoin yang akan terjadi pada April 2024 mendatang menjadi salah satu momen yang paling dinantikan oleh para investor kripto. Pasalnya, peristiwa ini dipercaya dapat memicu kenaikan harga Bitcoin yang signifikan. Menurut Money, tidak ada tanggal pasti untuk Bitcoin Halving, namun sesuai perkiraan, Halving akan berlangsung pada pertengahan-akhir April 2024.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu halving Bitcoin, bagaimana pengaruhnya terhadap harga Bitcoin, dan apa yang bisa kita harapkan dari halving Bitcoin 2024. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin, Mining, Halving: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

Bitcoin adalah mata uang digital yang beroperasi pada jaringan komputer terdesentralisasi. Bitcoin diciptakan pada tahun 2009 oleh sekelompok individu yang tidak diketahui, atau menurut beberapa sumber, seseorang bernama Satoshi Nakamoto.

Ciri khas Bitcoin terletak pada pasokan terbatasnya, yaitu 21 juta koin yang diperoleh melalui proses miningMining menggunakan kekuatan komputer untuk memecahkan teka-teki matematika yang kompleks dan memverifikasi transaksi pada jaringan Bitcoin.

Bitcoin baru yang ditambang diberikan kepada para penambang sebagai hadiah atas kerja keras mereka. Namun, jumlah Bitcoin yang diterima penambang untuk setiap blok (kumpulan transaksi) bervariasi. Setiap 210.000 blok, atau kira-kira setiap empat tahun, hadiah penambang dipotong setengah. Fenomena ini disebut sebagai ‘BTC halving‘ atau ‘halving‘.

Tujuan dari halving Bitcoin adalah untuk menjaga kelangkaan dan nilai mata uang sambil mengelola tingkat inflasi. Asumsinya adalah bahwa ketika jumlah Bitcoin baru yang diterbitkan berkurang, permintaan terhadapnya akan meningkat, dan harga akan naik sesuai dengan itu. Hal ini didasarkan pada konsep ekonomi tentang penawaran dan permintaan.

Namun, peristiwa halving menggandakan biaya dan kompleksitas penambangan, sehingga mengurangi profitabilitas penambang. Hal ini dapat menyebabkan beberapa penambang meninggalkan pasar, mengurangi hash rate—kekuatan komputasi keseluruhan jaringan—dan berpotensi memengaruhi keamanannya.

Baca Juga: Mengoptimalkan Investasi Crypto dengan Auto DCA: Strategi Jitu Menjelang Bitcoin Halving

Apakah Mungkin Mendapatkan Keuntungan dari Halving BTC?

siklus btc halving
Fase-fase siklus halving Bitcoin. Sumber: X/Rekt Capital

Dengan asumsi permintaan konstan, pengurangan separuh pasokan diharapkan dapat menggandakan nilai aset. Data historis menunjukkan bahwa berinvestasi pada Bitcoin sebelum peristiwa halving merupakan strategi yang menguntungkan.

‘Biasanya, Bitcoin mulai naik sekitar enam bulan sebelum halving, dan tidak banyak berubah selama periode halving,’ kata Kar Yong Ang, analis pasar keuangan Octa. ‘Rata-rata, di masa lalu, puncak tertinggi nilai tukar dapat diamati lebih dari setahun setelah halving,’ tambahnya.

Jika Bitcoin terus menunjukkan kinerja yang sama kali ini, harganya bisa mencapai $220.000 pada tahun 2025.

Baca Juga: Bitcoin (BTC) Diprediksi Konsolidasi Sebelum Halving, Gimana Prospek Jangka Panjangnya?

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Bagi para trader, penting untuk fokus pada jangka waktu yang lebih pendek. Khususnya, 150 hari setelah halving pertama, harga BTC melonjak 928%, diikuti oleh peningkatan 16,6% setelah halving kedua dan kenaikan 25,8% berikutnya setelah halving ketiga.

Namun, karena faktor-faktor seperti peretasan signifikan atau kebangkrutan perusahaan kripto, kondisi pasar saham, manipulasi whale, atau perubahan peraturan mengurangi penerbitan koin, peristiwa halving di masa mendatang mungkin kurang kuat.

Kesimpulan

Halving Bitcoin 2024 diperkirakan akan menjadi peristiwa yang sangat penting bagi pasar kripto. Jika sejarah berulang, kita dapat mengharapkan harga Bitcoin naik secara signifikan dalam beberapa bulan mendatang. Namun, penting untuk diingat bahwa investasi kripto selalu mengandung risiko, dan tidak ada jaminan bahwa harga Bitcoin akan naik setelah halving.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi