Kanada Kembangkan Gudang Digital untuk Menyimpan Aset Crypto dan NFT yang Disita

author:

Kanada Kembangkan Gudang Digital untuk Menyimpan Aset Crypto dan NFT yang Disita

Royal Canadian Mounted Police (RCMP) bersama dengan Shared Services Canada (SSC) berencana untuk mendirikan solusi aset digital. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi penyitaan dan penyimpanan cryptocurrency serta Non-Fungible Token (NFT). Langkah ini diambil seiring dengan meningkatnya penggunaan aset digital dalam aktivitas ilegal.

Latar Belakang dan Kebutuhan Solusi Aset Digital

blockchain di kanada
Sumber: Investing Network

Pada 10 Agustus 2023, pemerintah Kanada membuka tender untuk aplikasi solusi penyimpanan aset digital yang disita. Tender ini akan ditutup pada 21 September 2023.

RCMP mencatat adanya peningkatan penggunaan cryptocurrency dan aset digital lainnya seperti NFT sebagai metode pembayaran untuk aktivitas ilegal. Oleh karena itu, RCMP memerlukan cara untuk menyimpan aset digital yang telah disita hingga akhir proses hukum.

Baca juga: Para Pembuat Undang-Undang Kanada Mendukung Penuh Cryptocurrencies dan Teknologi Blockchain!

“Pengembangan solusi repositori terpusat akan memungkinkan petugas kepolisian untuk menyita aset-aset ini dengan cara yang mudah digunakan, sekaligus menawarkan keamanan yang signifikan untuk mencegah pencurian aset-aset tersebut selama penyimpanan.”

Fitur dan Spesifikasi Repositori

solusi aset digital kanada
Tender repositori aset digital Kanada. Sumber: ised-isde.canada.ca

RCMP memiliki tujuh belas persyaratan untuk repositori potensial. Mereka berencana untuk mendukung blockchain baru dan memberikan akses ke data mereka kepada pengguna yang membutuhkannya. Selain itu, repositori harus memungkinkan transfer dan penyimpanan NFT berbasis Ethereum, Solana, dan Polygon.

Untuk tujuan keamanan, fitur seperti perlindungan kunci pribadi, proses pembuangan yang aman, dan verifikasi otomatis harian termasuk dalam repositori.

Sebuah aplikasi mobile asli untuk Android dan interface web juga akan tersedia untuk mengakses sistem.

Dampak dan Konteks Lebih Luas

Lebih lanjut, RCMP meminta repositori masa depan untuk dapat memproses transaksi untuk 20 blockchain cryptocurrency teratas berdasarkan kapitalisasi pasar dan memiliki skalabilitas untuk mendukung blockchain baru di masa depan.

Baru-baru ini, penegak hukum Kanada mulai menggunakan perangkat lunak khusus dari Chainalysis untuk melacak crypto saat menyelidiki kejahatan dunia maya. Kini, polisi setempat memiliki kemampuan untuk melacak transaksi blockchain, mengidentifikasi tersangka, dan menentukan di mana dana telah disetor.

Sementara itu, jumlah warga Kanada yang memiliki Bitcoin telah menurun dari 13,1% pada 2021 menjadi 10,1% pada 2022. Baca selengkapnya di Kepemilikan Bitcoin (BTC) di Kanada Menurun, Ada Apa?

Secara keseluruhan, inisiatif RCMP dan SSC ini menunjukkan respons proaktif terhadap tantangan yang ditimbulkan oleh adopsi aset digital. Dengan mendirikan repositori khusus untuk aset crypto dan NFT yang disita, Kanada menunjukkan komitmennya untuk mengatur ruang crypto dengan cara yang aman dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: