Kanada Incar $40 Juta Pajak Crypto yang Belum Terbayar Saat Trudeau Usulkan Kenaikan Pajak

Kanada Incar $40 Juta Pajak Crypto yang Belum Terbayar Saat Trudeau Usulkan Kenaikan Pajak

Jakarta, Pintu News – CRA Kanada sedang aktif mengejar $40 juta pajak crypto yang belum terbayar. Badan tersebut percaya bahwa sejumlah besar pajak mata uang digital masih belum dilaporkan. Sementara itu, Perdana Menteri Justin Trudeau mengusulkan kenaikan pajak capital gains dari 50% menjadi 66% bagi warga Kanada dengan keuntungan tahunan di atas $183.000.

Investigasi Pajak Crypto Kanada yang Belum Dibayar saat Trudeau Usulkan Peningkatan Pajak Capital Gains

CRA Kanada sedang aktif mengejar CAD 54 juta ($39,5 juta) dalam transaksi dan keuntungan cryptocurrency yang belum dilaporkan, seperti yang dilaporkan oleh National Post. Sahil Behal, direktur jenderal kantor kepatuhan CRA, mengungkapkan bahwa sekitar 400 audit dan penyelidikan yang melibatkan aset cryptocurrency telah dimulai, dengan fokus pada tahun fiskal 2023-2024.

Baca Juga: CEO LayerZero Labs: 100.000 Alamat Melaporkan Diri Sebagai Sybil Airdrop

Poin Penting:

  • Asal Investigasi: Audit ini berasal dari tahun pajak 2023-2024.
  • Isu Pendidikan Publik: CRA menghadapi tantangan besar dalam mendidik publik tentang kewajiban pajak cryptocurrency.

CRA mengikuti langkah Internal Revenue Service (IRS) Amerika Serikat, yang baru-baru ini merilis draf formulir pajak 1099-DA untuk melaporkan hasil dari perdagangan aset crypto yang dijadikan broker. Seorang pengacara pajak mencatat bahwa CRA telah lambat dalam memberikan pedoman yang jelas tentang pelaporan aset crypto.

“Hingga baru-baru ini, CRA hampir tidak tahu apa-apa tentang cryptocurrency,” kata pengacara tersebut. “Hampir tidak ada panduan tentang perpajakan dan persyaratan pelaporan, sehingga banyak yang tidak menyadari bahwa transaksi ini dikenakan pajak.”

Trudeau Mengusulkan Peningkatan Pajak Capital Gains Menjadi Dua Pertiga bagi Warga Kanada

trudeau bitcoin
CoinDesk

Perdana Menteri Justin Trudeau dan partainya bertujuan untuk meningkatkan tarif pajak capital gains Kanada dari 50% menjadi 66%. Usulan ini, bagian dari rencana anggaran 2018, tidak hanya menargetkan perusahaan dan individu kaya, tetapi juga siapa pun dengan keuntungan tahunan melebihi CAD 250.000 ($183.000).

Poin Penting:

  • Kelompok Sasaran: Kenaikan pajak ini mempengaruhi individu dengan keuntungan tahunan di atas CAD 250.000 ($183.000).
  • Hasil Survei: Survei Nanos Research Group menemukan bahwa 45% warga Kanada percaya bahwa kenaikan pajak akan merugikan ekonomi dan menekan inovasi, sementara 38% melihatnya sebagai hal yang adil, dan sisanya belum memutuskan.

Bloomberg Tax melaporkan bahwa peningkatan capital gains yang diusulkan akan berdampak pada semua wajib pajak, termasuk warisan. Sementara Trudeau mendorong kenaikan pajak ini, pemerintahan Biden di Amerika Serikat juga berupaya meningkatkan tarif pajak capital gains menjadi 39,6%.

Baca Juga: CertiK Temukan Kebocoran Keamanan pada Jembatan Wormhole Aptos, Apa yang Terjadi?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: