Kanada Berpotensi Jadi ‘Pemimpin Global’ dalam Crypto, Kok Bisa?

author:

Kanada Berpotensi Jadi ‘Pemimpin Global’ dalam Crypto, Kok Bisa?

Coinbase, salah satu bursa crypto terbesar di AS, resmi mengumumkan ekspansinya ke pasar Kanada. Langkah ini diambil di tengah meningkatnya tekanan regulasi di Amerika Serikat. Namun, apa yang mendorong Coinbase untuk memilih Kanada sebagai target ekspansinya?

Daya Pasar Crypto di Kanada

regulasi crypto kanada

Pada 14 Agustus 2023, Coinbase mengumumkan kemitraan dengan perusahaan jasa keuangan lokal, Peoples Trust Company, untuk memperluas layanannya di Kanada. Melalui kemitraan ini, Coinbase mengintegrasikan opsi bagi seluruh penggunanya untuk menyetor dan menarik dana melalui layanan Interac e-Transfer.

Baca juga: Kanada Kembangkan Gudang Digital untuk Menyimpan Aset Crypto dan NFT yang Disita

Kanada, yang memiliki ekonomi terbesar kedua di Amerika Utara setelah AS, dikenal sebagai “negara paling sadar crypto ketiga di dunia”. Menurut survei dari Ontario Securities Commission, lebih dari 30% warga Kanada mengatakan mereka akan membeli crypto dalam setahun ini.

Nana Murugesan, wakil presiden untuk pengembangan bisnis internasional di Coinbase, menyatakan,

“Kanada memiliki posisi yang baik untuk menjadi pemimpin global dalam ekonomi crypto berkat tingkat kesadaran crypto yang tinggi, ekosistem teknologi lokal yang penuh semangat, dan kemajuan menuju kerangka kerja regulasi yang kuat.”

Tantangan Regulasi Crypto di Amerika Serikat

Meskipun ekspansi ini menunjukkan ambisi Coinbase untuk tumbuh di pasar internasional, perusahaan ini tetap berhadapan dengan tantangan regulasi di AS. Pada 4 Agustus, Coinbase mengajukan permohonan untuk menghentikan gugatan yang sedang berlangsung dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Meskipun ada masalah hukum di AS, CEO Coinbase, Brian Armstrong, menyatakan bahwa meninggalkan AS “tidak masuk dalam kemungkinan saat ini”. Namun, Armstrong juga pernah menyebutkan tentang memindahkan kantor pusat Coinbase ke luar AS untuk mendapatkan lingkungan regulasi yang lebih ramah crypto.

Ekspansi Coinbase ke Kanada mungkin merupakan langkah strategis untuk mengurangi ketergantungan pada pasar AS, sambil tetap memanfaatkan peluang di pasar lain yang memiliki regulasi lebih ramah.

Baca juga: 34% Warganya Percaya Crypto, Parlemen Kanada Dukung Pertumbuhan Crypto dan Blockchain

Coinbase dan Komitmen untuk Pasar Kanada

Selain memperkenalkan jalur pembayaran Interac yang dirancang untuk memudahkan deposit dan penarikan bagi pelanggan Kanada, Coinbase juga menawarkan pelanggan Kanada coba gratis layanan premium mereka, Coinbase One, selama satu bulan.

Menurut pengumuman, Coinbase bekerja sama dengan bank, regulator, dan investor untuk meningkatkan kehadiran mereka di Kanada. Bursa crypto raksasa ini juga mengatakan bahwa mereka berinvestasi di sektor teknologi dan pengembang “berkembang pesat” Kanada.

Dengan langkah-langkah ini, Coinbase menunjukkan komitmennya untuk memperkuat posisinya di pasar Kanada dan berkontribusi pada pertumbuhan ekosistem crypto di negara tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: