Kampanye Politik California Kini Bisa Terima Donasi Crypto, Apa Dampaknya?

Kampanye Politik California Kini Bisa Terima Donasi Crypto, Apa Dampaknya?

Dengan adopsi crypto yang semakin meningkat di seluruh dunia, California melangkah maju dengan memperbarui kerangka kerja yang mengatur kontribusi crypto dalam kampanye politik. Komisi Praktik Politik Adil California (FPPC) telah mengumumkan panduan baru terkait hal ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Crypto dalam Dunia Politik

crypto dalam politik

Dilansir dari Bitcoinist, FPPC mengakui peran crypto dalam ranah politik, terutama terkait donasi kampanye. Sebagai bagian dari agenda pertemuannya di bulan Agustus, FPPC akan membahas panduan kampanye yang diperbarui, yang kini mencakup kontribusi crypto.

Dalam upaya meningkatkan transparansi pendanaan kampanye, panduan baru ini memberikan kerangka kerja yang lebih komprehensif bagi kandidat politik dan komite di California tentang cara menerima dan mengelola donasi crypto.

Baca Juga: Sejak Invasi Rusia, Donasi dalam Bentuk Crypto untuk Ukraina Telah Terkumpul Rp3,3 Triliun

Panduan Baru untuk Donasi Crypto

Dalam panduan tersebut, crypto dikategorikan sebagai item non-moneter. Hal ini menegaskan bahwa politisi atau komite politik tidak dapat menggunakan crypto untuk menghindari batasan yang berlaku.

Untuk memastikan transparansi, komite tidak dapat menerima donasi crypto secara langsung. Mereka harus menggunakan prosesor pembayaran yang berbasis di AS dan terdaftar di Departemen Keuangan AS serta Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan.

Prosessor pembayaran juga harus mengumpulkan informasi seperti “nama, alamat, pekerjaan, dan pemberi kerja dari setiap kontributor”, yang harus diteruskan ke komite dalam waktu 24 jam.

Baca Juga: Kepemilikan Crypto PayPal Meningkat 56% pada Q1 2023, Hampir Sentuh Rp14 Triliun

Dampak dari Keputusan Ini

kampanye terima donasi crypto
Sumber: Forbes

Alih-alih melarang donasi crypto sepenuhnya, FPPC telah mengambil langkah untuk memastikan transparansi dan menjaga integritas proses kampanye.

Langkah ini membantu mengatasi kekhawatiran tentang crypto dalam politik, seperti transaksi crypto yang sulit dilacak atau digunakan untuk membeli dukungan dari politisi. Dengan menerapkan langkah-langkah KYC, penggunaan dana ini untuk aktivitas ilegal dapat dicegah.

Keputusan California untuk memperbolehkan donasi crypto dalam kampanye politik menunjukkan penerimaan yang semakin meningkat terhadap teknologi blockchain dan mata uang digital. Ini mungkin menjadi langkah awal dalam mengintegrasikan crypto ke dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: