Bank Terbesar Kedua di Thailand, K-Bank, Kuasai Pasar Crypto dengan Akuisisi Senilai $102,8 Juta!

Bank Terbesar Kedua di Thailand, K-Bank, Kuasai Pasar Crypto dengan Akuisisi Senilai $102,8 Juta!

Dalam langkah besar menuju digitalisasi, Kasikornbank atau yang dikenal sebagai K-Bank, bank terbesar kedua di Thailand, telah mengakuisisi mayoritas saham di Satang, sebuah bursa crypto lokal. Dengan nilai transaksi sebesar 3,705 miliar baht Thailand atau setara dengan $102,8 juta, K-Bank kini memiliki 97% saham di organisasi induk Satang.

K-Bank dan Strategi Investasi Digitalnya

K-Bank dan Strategi Investasi Digitalnya
VOI

Transaksi ini dilakukan melalui anak perusahaan K-Bank, Unita Capital, yang merupakan lengan investasi aset digital bank tersebut. Setelah penyelesaian transaksi, Satang akan melakukan rebranding menjadi Orbix, yang akan dibagi menjadi 3 anak perusahaan.

Baca Juga: Bank-bank di Jerman Mulai Menerima Crypto di Tengah Kabar Resesi

Orbix Custodian akan berfokus pada penyediaan layanan penitipan aset digital dan solusi untuk pasar mainstream. Sementara itu, Orbix Invest akan menjadi lengan investasi aset digital dan manajer dana perusahaan. Di sisi lain, Orbix Technology akan berfokus pada pengembangan teknologi blockchain.

K-Bank dan Upaya Meningkatkan Adopsi Teknologi Desentralisasi

Pengumuman ini datang hanya sebulan setelah K-Bank meluncurkan dana sebesar $100 juta untuk berinvestasi di startup Web3 dan AI atau artificial intelligence.

Anak perusahaan bank, SCBX, juga bermitra dengan perusahaan modal ventura berfokus Web3 asal Korea, Hashed, untuk bekerja pada inisiatif penelitian dan pengembangan bersama yang bertujuan meningkatkan adopsi teknologi desentralisasi di tingkat regional dan global.

K-Bank dan Ambisi Menguasai Pasar Crypto di Thailand

Menurut laporan keuangan 2022, K-Bank adalah bank terbesar kedua di Thailand berdasarkan aset, dengan 1,5 triliun baht (sekitar $41,6 miliar) dalam aset yang dikelola. Investasi perusahaan dalam aset digital dan Web3 datang pada saat yang tepat, ketika kawasan Asia Tenggara menjadi magnet bagi perusahaan aset digital.

Dalam pernyataan yang diberikan kepada media lokal, K-Bank mengatakan berharap dapat meraih 20% pangsa pasar crypto di Thailand pada tahun 2024.

Paragraf Penutup

Dengan langkah besar ini, K-Bank semakin memperkuat posisinya di sektor crypto, menempatkan dirinya sejajar dengan SCB. Dengan dukungan institusional yang tinggi, pasar crypto di Thailand diharapkan menjadi semakin kompetitif dengan kedatangan pemain besar seperti K-Bank.

Baca Juga: Bank-Bank Top Korea Selatan Teliti Alternatif Stablecoin dan CBDC!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi