Jutaan Dolar Kripto Terjebak di Kontrak Bridge, Vitalik Buterin Jadi Salah Satu Korban!

Jutaan Dolar Kripto Terjebak di Kontrak Bridge, Vitalik Buterin Jadi Salah Satu Korban!

Jakarta, Pintu News – Dunia kripto kembali digemparkan dengan berita mengejutkan. Sebuah laporan terbaru mengungkapkan bahwa puluhan dompet kripto, termasuk beberapa yang terkait dengan tokoh industri seperti Vitalik Buterin dan bursa Coinbase, memiliki jutaan dolar yang terperangkap dalam kontrak bridge. Simak berita lengkapnya disini!

Kontrak Bridge: Fasilitas Transfer Antar-Blockchain

Kontrak bridge merupakan protokol perangkat lunak yang memfasilitasi transfer data dan aset antara berbagai protokol blockchain. Mereka membantu dalam memfasilitasi interoperabilitas dalam ekosistem DeFi.

Namun, tidak semua bridge DeFi bekerja dengan cara yang sama! Ada beberapa bridge lintas rantai yang memungkinkan pengguna untuk secara otomatis mendapatkan aset mereka di rantai lain.

Namun, ada juga bridge asli yang mengharuskan pengguna untuk mengambil aset mereka secara manual. Dalam kasus ini, jika pengguna lupa atau tidak mengetahui cara mengambil aset mereka, maka aset tersebut akan tetap terkunci di dalam kontrak bridge.

Baca Juga: Pendiri Ethereum Vitalik Buterin Mengkritik Kegilaan Meme Coin, Ada Apa?

Daftar Dompet yang Terkena Dampak

dompet crypto
Sumber: Fortanix

Laporan dari perusahaan intelijen blockchain Arkham mengungkapkan bahwa ada lusinan dompet paus kripto dengan aset senilai tujuh digit yang terjebak di berbagai aset bridge DeFi. Salah satu dompet tersebut milik salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, yang menampung lebih dari $1 juta dan telah terjebak selama hampir tujuh bulan.

Selain Vitalik Buterin, ada beberapa dompet terkenal lainnya yang juga terkena dampak. Dompet yang terkait dengan thomasg.eth memiliki $800.000 yang terperangkap di Arbitrum Bridge selama hampir dua tahun. Dompet lain yang terkait dengan Bofur Capital menampung 27 Bitcoin yang dibungkus senilai $1,8 juta, yang telah terjebak selama lebih dari dua tahun.

Baca Juga: Bakal Ada Upgrade di Ethereum, Vitalik Buterin Ungkap Kekhawatirannya Terhadap Adopsi DAO!

Upaya Penyelamatan Aset yang Terjebak

Arkham Intelligence telah menghubungi pemilik dompet yang terkena dampak, mendesak mereka untuk mengambil tindakan untuk memulihkan dana mereka. Mereka juga menekankan kepada komunitas bahwa kejadian seperti ini umum terjadi karena karakteristik bridge asli ini.

Untuk menghindari kejadian serupa, pengguna DeFi harus memahami cara kerja kontrak bridge dan memastikan bahwa mereka mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengklaim aset mereka di rantai lain. Edukasi tentang penggunaan bridge DeFi yang aman sangat penting untuk memitigasi risiko dan mempromosikan pengembangan ekosistem yang lebih transparan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi