Justin Sun Tawarkan ‘Airdrop’ Pasca Serangan Hacker, Memicu Kontroversi?

Justin Sun Tawarkan ‘Airdrop’ Pasca Serangan Hacker, Memicu Kontroversi?

Dalam dunia crypto, nama Justin Sun tidak asing lagi. Baru-baru ini, dua bursa crypto yang didukung oleh Sun, Poloniex dan HTX, mengalami kerugian besar akibat serangan hacker. Sun berjanji akan memberikan token gratis kepada pengguna yang terkena dampak, namun rencananya ini menuai kontroversi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Serangan Hacker pada Poloniex dan HTX

hacker poloniex htx
Sumber: Akun X Justin Sun

Pada 10 November, Poloniex, bursa crypto yang diakuisisi oleh Sun pada 2019, diserang oleh hacker yang berhasil mencuri sekitar $125 juta dalam berbagai mata uang crypto, termasuk Bitcoin, Ethereum, Tron, dan USDT.

Hacker berhasil mengeksploitasi celah dalam sistem penarikan Poloniex, memungkinkan mereka untuk mengambil lebih banyak dana daripada yang mereka miliki di akun mereka. Kemudian, pada 22 November, HTX, bursa lain yang didukung oleh Sun, dan infrastruktur lintas rantai yang terafiliasi, Heco Bridge, mengalami eksploitasi serentak yang mengakibatkan kerugian sekitar $113 juta dalam aset.

Menurut Certik, perusahaan keamanan blockchain, hacker berhasil mengeksploitasi celah dalam kontrak pintar Heco Bridge, memungkinkan mereka untuk mencetak jumlah token yang tidak terbatas.

Baca Juga: Justin Sun, Pendiri Tron, Pindahkan Jutaan Dolar dalam Bentuk Crypto! Apa yang Terjadi?

Rencana ‘Airdrop Epik’ Justin Sun

rencana airdrop htx
Sumber: HTX Blog

Menanggapi insiden ini, Sun mengumumkan rencana “airdrop epik” untuk pengguna kedua bursa tersebut. Meski demikian, Sun tidak merinci jumlah atau jenis token yang akan dibagikan, serta tanggal pelaksanaan airdrop.

Rencana ini disambut dengan skeptis oleh sebagian pengguna, yang merasa frustrasi dengan kurangnya transparansi dan akuntabilitas dari Sun dan bursa yang ia dukung.

Baca Juga: Justin Sun Jadi Pemegang Terbesar ETH dengan Investasi $439 Juta di Lido!

Kontroversi dan Debat di Komunitas Crypto

Rencana airdrop Sun telah memicu kontroversi dan perdebatan di komunitas crypto. Beberapa melihatnya sebagai gestur murah hati, sementara yang lain melihatnya sebagai trik PR. Sun dikenal dengan strategi pemasaran yang flamboyan dan kontroversial, seperti makan siang yang gagal dengan Warren Buffett, akuisisi BitTorrent, dan promosi Tron dan token-tokennya.

Apakah rencana airdrop Sun ini benar-benar tulus atau hanya trik pemasaran, hanya waktu yang akan memberi tahu. Yang jelas, insiden ini telah menyoroti pentingnya keamanan dalam dunia crypto dan bagaimana serangan hacker dapat mengguncang kepercayaan investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: