Jupiter Luncurkan Jito Bundles Tipping untuk Memerangi Serangan MEV!

author:

Jupiter Luncurkan Jito Bundles Tipping untuk Memerangi Serangan MEV!

Jakarta, Pintu News – Jupiter, yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan pengguna terhadap serangan Miner Extractable Value (MEV), telah memperkenalkan fitur baru dalam fungsi swap yang disebut Jito Bundles Tipping.

Layanan unik ini dibuat untuk melindungi pengguna dari kemungkinan kerugian yang disebabkan oleh serangan semacam itu yang semakin umum terjadi dalam keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Serangan MEV dan Dampaknya pada Transaksi

Sumber: X

MEV mengacu pada keuntungan yang dapat diperoleh penambang atau validator dari kemampuan untuk secara sewenang-wenang memasukkan, mengecualikan, atau menyusun ulang transaksi dalam blok yang mereka produksi.

Baca juga: Ambil Langkah Berani, Jito Labs Umumkan Penutupan Fungsi ‘Mempool’

Skenario yang merugikan bagi pengguna biasa ini termasuk slippage yang lebih besar dalam perdagangan atau kerugian finansial langsung karena serangan sandwich, ketika transaksi pengguna disalahgunakan oleh pihak yang mengetahui keberadaannya.

Transparansi teknologi blockchain, meskipun merupakan salah satu keutamaan intinya, memungkinkan operasi semacam itu dilakukan, dan dengan demikian memerlukan solusi seperti Jito Bundles untuk melindungi pengguna.

Cara Kerja Jito Bundles Tipping

Fitur Jito Bundles Tipping beroperasi dengan mengirimkan transaksi pengguna langsung ke Jito Validator alih-alih melewati Remote Procedure Calls (RPC) publik. Pendekatan ini memungkinkan transaksi diproses lebih cepat dan menghilangkan paparan dini data transaksional terhadap ancaman aktivitas jahat.

Dengan mekanisme tipping di tempat, pengguna memberi hadiah kepada validator karena langsung memposting transaksi mereka di blockchain, memotong peluang serangan MEV untuk dikoordinasikan.

Baca juga: Jupiter Akuisisi Ultimate Wallet untuk Ekspansi Seluler Solana!

Langkah Perlindungan Tambahan oleh Jupiter

Selain Jito Bundles Tipping, Jupiter telah memperkenalkan beberapa langkah lain untuk melindungi pengguna dari serangan MEV. Salah satu tindakan tersebut adalah fitur auto-slippage konservatif mereka, yang saat ini dalam versi beta.

Fungsionalitas ini mengukur tingkat slippage optimal untuk perdagangan berdasarkan spesifikasinya, yang membantu pengguna menghindari pengaturan nilai slippage yang terlalu tinggi dan dengan demikian menghindari risiko yang tidak perlu dalam kondisi pasar yang bergejolak.

Jupiter juga hanya menggunakan beberapa RPC yang memiliki reputasi baik untuk mengurangi risiko kebocoran data transaksi lebih lanjut. Bermaksud menjadi validator yang akan mem-bootstrap-nya, Jupiter berencana untuk meningkatkan infrastrukturnya sehingga membuat transaksi lebih cepat dan mengurangi waktu transaksi yang mungkin menjadi strategi MEV yang rentan.

Selain itu, antarmuka pengguna Jupiter melakukan pemeriksaan kewarasan terus-menerus terhadap harga pasar yang berlaku dan memberikan saran tentang pengaturan slippage yang wajar, dengan demikian, mengamankan pelaksanaan transaksi.

Secara keseluruhan, Jupiter berkomitmen untuk melindungi pengguna dari serangan MEV dan terus mengembangkan fitur dan langkah-langkah baru untuk memastikan keamanan transaksi pengguna.

Dengan Jito Bundles Tipping dan langkah-langkah perlindungan lainnya, Jupiter memberikan lingkungan perdagangan yang lebih aman dan terjamin bagi pengguna DeFi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CoinStats