Jumlah TVL Ethereum zkSync Era Melampaui Rp7,5 Triliun!

author:

Jumlah TVL Ethereum zkSync Era Melampaui Rp7,5 Triliun!

zkSync Era dari Matter Labs, sebuah rollup zero-knowledge (ZK) yang dirancang untuk meningkatkan skalabilitas Ethereum, terus menarik investasi yang signifikan. Menurut data dari L2Beat, total nilai terkunci (TVL) di zkSync Era melampaui $500 juta atau setara dengan Rp7,5 triliun pada hari Senin (19/6/23), mencerminkan peningkatan 12% dalam seminggu.

Secara singkat, TVL adalah metrik yang banyak diakui untuk melacak total nilai aset digital yang terkunci atau dipertaruhkan pada platform keuangan desentralisasi. Cari tahu lebih lanjut, yuk!

Tonggak Sejarah Penting zkSync Era

Menurut laporan Coindesk (19/6/23), saat ini, lebih dari 220.000 Ether (ETH) senilai sekitar $378,3 juta, atau sekitar 121 juta USDC (stablecoin yang dipeg ke Dolar AS), dan 14,43 juta MUTE senilai $7,53 juta terkunci di zkSync.

MUTE adalah mata uang crypto asli dari Mute, sebuah bursa desentralisasi yang dibangun pada infrastruktur berbasis zkRollup. Selama empat minggu terakhir, alamat aktif harian di zkSync telah menunjukkan peningkatan yang stabil, rata-rata 175.000. Peluncuran zkSync terjadi pada Maret 2023.

Baca juga: Heboh! Ethscriptions, Inovasi Terpanas Ethereum yang Guncang Dunia Blockchain!

Adopsi Rollup dan Implementasi EIP-4844

tvl ethereum zksync era meningkat
zksync.io

Baru-baru ini, Rocketpool, solusi staking likuid, telah tayang di zkSync Era, bergabung dengan daftar yang semakin panjang dari aplikasi desentralisasi yang bermigrasi ke platform layer 2. Adopsi rollup yang meningkat didorong oleh penekanan pengembang inti Ethereum pada implementasi EIP-4844.

Menurut Galaxy Digital, pengenalan EIP 4844 akan memperkenalkan jenis transaksi baru ke Ethereum, memungkinkan pemrosesan data yang lebih efisien dan mengurangi biaya transaksi pada rollup.

“Prioritas EIP 4844 sebagai perubahan kode besar berikutnya dalam peningkatan Cancun / Deneb Ethereum yang akan datang yang dijadwalkan untuk diaktifkan pada musim gugur atau musim dingin tahun depan menegaskan pentingnya rollup untuk skalabilitas jangka panjang Ethereum dan perlunya dapps yang dibangun di atas Ethereum untuk pada akhirnya memigrasikan sebagian besar operasinya ke rollup yang lebih hemat biaya,” Alex Thorn, kepala penelitian di Galaxy Digital, mengatakan dalam sebuah buletin 2 Juni 2023.

Pertimbangan Ethereum untuk Meningkatkan Saldo Validator Maksimum

Pengembang inti Ethereum sedang mempertimbangkan penyesuaian potensial terhadap saldo validator maksimum di jaringan, mempertimbangkan peningkatan dari batas saat ini 32 Ether (ETH) menjadi 2.048 Ether per validator.

Saat ini, validator Ethereum menghadapi batas saldo yang membatasi taruhan efektif mereka menjadi minimum dan maksimum 32 ETH.

Baca juga: Peningkatan Besar Babylon: Dukungan Smart Contract dan Keamanan Level Bitcoin!

Secara keseluruhan, pencapaian penting ini menunjukkan potensi besar zkSync Era dalam meningkatkan skalabilitas Ethereum. Meskipun tantangan masih ada, peningkatan adopsi dan implementasi teknologi baru seperti EIP-4844 menunjukkan langkah maju yang signifikan dalam mengatasi masalah ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: