Nilainya Turun, Jumlah Transaksi dan Akumulasi Whale Malah Cardano Meningkat

author:

Nilainya Turun, Jumlah Transaksi dan Akumulasi Whale Malah Cardano Meningkat

Dilansir dari Finbold (8/5/23), meski pasar crypto terpuruk dalam beberapa pekan terakhir, aktivitas di dalam ekosistem Cardano dan DeFi-nya justru meningkat drastis.

Banyak investor dan pengamat terkejut dengan perkembangan ini, dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di belakang layar. Kira-kira, apa yang terjadi?

Transaksi di Jaringan Cardano Meningkat

Menurut laporan Finbold (8/5/23), aktivitas di dalam ekosistem DeFi Cardano meningkat pesat selama beberapa pekan terakhir.

transaksi cardano meningkat
Transaksi Cardano dApps dalam 18 periode terakhir – DApps Di Cardano

Secara khusus, transaksi di aplikasi Cardano DeFi telah melonjak menjadi 250.000 per-epoch (epoch di Cardano saat ini berjumlah lima hari) dari 160.000 transaksi selama epoch sebelumnya, menurut grafik yang dibagikan oleh platform Dapps On Cardano pada 8 Mei.

Selain itu, jumlah wallet yang terlibat dalam ekosistem DeFi Cardano juga terlihat meningkat, menunjukkan adanya minat yang besar dari para investor. Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam pengembangan ekosistem DeFi Cardano, seperti kurangnya infrastruktur dan kesulitan teknis, para pengembang dan investor tetap percaya pada potensi jaringan ini.

Lebih lanjut, salah satu alasan utama yang membuat Cardano menarik bagi para investor adalah karena keamanan dan kecepatan transaksinya.

TVL Cardano Alami Peningkatan

Sementara itu, selain pertumbuhan aktivitas jaringan, laporan bulanan Cardano juga menyoroti kinerja ADA yang mengesankan dalam dua minggu pertama bulan April, dengan kenaikan harga sebesar 23%. Namun, mata uang crypto ini kemudian mengalami penurunan, kehilangan hampir semua keuntungan yang diperolehnya.

TVL Cardano – Defillama

Meskipun demikian, total nilai terkunci (TVL) Cardano mengalami peningkatan yang sehat, tumbuh dari level terendah $138,61 juta pada awal April ke level tertinggi $ 171,3 juta.

Dilansir dari News BTC (3/5/23), TVL Cardano memang mengalami penurunan di paruh kedua bulan ini, menetap di $152,90 juta, tetapi tetap di atas level terendahnya di bulan April.

Di awal bulan Mei 2023, TVL Cardano tercatat berada di $149,72 juta.

Baca juga: Wow, Trader NFT Jual BAYC di Bawah Floor Price Demi Investasi PEPE!

Harga Token ADA Turun, tapi Whale Tingkatkan Aktivitas Perdagangan

Di sisi lain, BeInCrypto (4/5/23) melaporkan bahwa meskipun mencatat koreksi harga sebesar 4% baru-baru ini, whale Cardano tampak tidak terpengaruh. Selama tujuh hari perdagangan terakhir, whale telah meningkatkan aktivitas perdagangan mereka sebesar 33%.

Grafik di bawah ini menunjukkan bagaimana transaksi harian yang besar telah meningkat dari $8,07 miliar menjadi $10,81 miliar antara 28 April dan 3 Mei.

Large Transaction Cardano – IntoTheBlock

Large Transaction adalah metrik keuangan yang menjumlahkan total volume transaksi yang melebihi $100.000 pada hari perdagangan tertentu. Ketika meningkat, ini menandakan bahwa investor whale meningkatkan bet mereka pada aset acuan.

Baca juga: Pengembang Cardano (ADA) Luncurkan “Lace Wallet”, Apa Saja Keunggulannya?

Kesimpulannya, peningkatan volume transaksi Cardano yang stabil dan peningkatan aktivitas whale merupakan sinyal bullish yang sangat penting. Jika metrik ini terus meningkat, pemegang ADA dapat mengantisipasi kenaikan harga yang lebih tinggi dalam beberapa hari mendatang.


*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: