Meski Alami Tren Bearish, Jumlah Pemegang Bitcoin (BTC) Melonjak Capai 48 Juta!

author:

Meski Alami Tren Bearish, Jumlah Pemegang Bitcoin (BTC) Melonjak Capai 48 Juta!

Pada 3 September 2023, jumlah dompet yang memegang Bitcoin mencapai rekor baru, yakni sebanyak 48 juta alamat. Meskipun Bitcoin mengalami tren bearish, pertumbuhan ini menunjukkan adopsi global yang semakin mendalam dan kepercayaan investor terhadap masa depan mata uang crypto ini.

Peningkatan Drastis dalam Pemegang Bitcoin

total dompet bitcoin
Bitcoin (BTC) Mencapai 48 Juta Alamat Dompet | Total Alamat September 2023. Sumber IntoTheBlock

Data dari platform analitik blockchain IntoTheBlock baru-baru ini menunjukkan bahwa jumlah alamat yang memegang Bitcoin mencapai 48 juta pada 30 Agustus 2023. Ini menandai pertumbuhan yang signifikan, dengan penciptaan 5,61 juta alamat Bitcoin baru hanya dalam tahun 2023.

Baca juga: Tren Historis Ini Tunjukkan Gerakan Bitcoin (BTC) di Bulan September: Waktunya Investasi?

Sebagai perbandingan, hanya 3,62 juta alamat BTC yang dibuat pada tahun 2022. Ini berarti, dengan 4 bulan tersisa di tahun 2023, Bitcoin telah melampaui tingkat akuisisi pengguna tahun lalu sebesar 55%.

Lebih lanjut, pertumbuhan ini sejalan dengan popularitas Bitcoin yang meningkat dan penerimaan mata uang crypto sebagai aset alternatif dan alat pertukaran.

Aktivitas Pemegang Besar dan Optimisme Pasar

Meskipun tren bearish Bitcoin, pemegang besar atau “whales” terus meningkatkan kepemilikan mereka. Dalam dua minggu terakhir Agustus, investor Bitcoin yang memegang setidaknya 0,1% dari total pasokan Bitcoin menambahkan lebih dari $1,5 miliar dalam kepemilikan BTC.

Sementara itu, kemenangan Grayscale atas SEC telah mempengaruhi pandangan optimis investor terhadap Bitcoin. Putusan pengadilan mendukung Grayscale, dengan alasan bahwa SEC gagal memberikan penjelasan yang memadai atas penolakan mereka terhadap permohonan Grayscale untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust menjadi Bitcoin Spot ETFs.

Meskipun harga Bitcoin sempat turun di bawah $26.000, aktivitas akumulasi ini menunjukkan kepercayaan yang kuat pada potensi jangka panjang mata uang crypto ini.

Baca juga: JP Morgan: SEC Kemungkinan akan Setujui ETF Bitcoin Spot Setelah Kasus Grayscale

Implikasi untuk Ekosistem Crypto

Pertumbuhan jumlah pemegang Bitcoin menggarisbawahi pentingnya mata uang crypto ini dalam ekosistem keuangan global. Dengan lebih dari 48 juta alamat, jumlah pemegang Bitcoin sekarang melebihi populasi negara seperti Spanyol.

Meskipun volatilitas pasar, kepercayaan dan adopsi terhadap Bitcoin terus meningkat, didorong oleh kemenangan hukum seperti yang dialami oleh Grayscale dan pertumbuhan konstan dalam jumlah alamat baru.

Dengan dominasi yang kuat di dunia crypto, Bitcoin tetap menjadi aset kunci yang akan terus mempengaruhi arah industri ini.

Pada akhirnya, meskipun tantangan dan volatilitas yang dihadapi oleh Bitcoin, pertumbuhan dalam jumlah pemegang menunjukkan kepercayaan yang mendalam dan pandangan positif terhadap masa depan mata uang crypto ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: