Jumlah ATM Bitcoin Global Meningkat Tajam Menjadi Lebih dari 35.000 Mesin

Jumlah ATM Bitcoin Global Meningkat Tajam Menjadi Lebih dari 35.000 Mesin

Data terbaru dari Coin ATM Radar menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah ATM Bitcoin di seluruh dunia, mencapai puncak baru lebih dari 35.000 mesin yang beroperasi.

Jumlah ATM ini mencerminkan lonjakan yang signifikan setelah berada di bawah angka 34.000 sejak bulan Maret.

Pada bulan April 2023, tercatat penurunan hingga mencapai titik terendah dalam 2 tahun dengan total 33.389 ATM Bitcoin.

Pemulihan ATM Bitcoin setelah Penurunan Maret

Data tersebut dibandingkan dengan bulan Desember 2022, ketika jumlah ATM melebihi 39.000 mesin, menunjukkan adanya penurunan meskipun harga Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan selama periode tersebut.

Baca Juga: Serobot Posisi El Salvador, Australia Jadi ATM Crypto Hub Terbesar ke-4 di Dunia!

Data dari Coin ATM Radar menunjukkan bahwa hanya dalam bulan Maret, sekitar 3.600 ATM Bitcoin terputus hubungan di seluruh dunia.

Namun, tren penurunan ini berhasil dibalik dengan penambahan hampir 1.400 mesin pada bulan Mei 2023 dan 278 mesin tambahan dalam beberapa hari pertama bulan Juni.

Distribusi ATM Bitcoin di Seluruh Dunia

jumlah atm crypto mei 2023

Dalam hal distribusi ATM Bitcoin di seluruh dunia, Amerika Serikat memimpin dengan lebih dari 30.000 mesin terpasang di wilayahnya, yang merupakan lebih dari 85% dari total mesin yang beroperasi saat ini.

Menurut Coin ATM Radar, Kanada adalah negara lain yang memiliki lebih dari 1.000 ATM Bitcoin, dengan jumlah sekitar 2.745 mesin.

Di Eropa, terdapat sekitar 1.400 ATM yang terpasang di seluruh wilayah, dengan Spanyol menjadi negara dengan jumlah terbanyak, yaitu 286 ATM.

Di sisi lain, Britania Raya hanya memiliki 16 ATM yang terpasang meskipun merupakan pusat keuangan di wilayah tersebut.

Spanyol memimpin daftar negara berbahasa Spanyol dengan 285 ATM, diikuti oleh El Salvador dengan 212 mesin.

Baca Juga: Jumlah ATM Bitcoin Meningkat di Rusia dan Dunia Capai 36.600 ATM!

Meksiko menempati peringkat ketiga dengan 52 ATM, sedangkan Kolombia dan Puerto Rico melengkapi lima besar dengan masing-masing 37 dan 32 mesin.

Hong Kong memimpin di Asia dengan 148 ATM, sementara Jepang hanya memiliki tiga ATM yang terpasang meskipun memiliki regulasi yang ramah terhadap Bitcoin.

El Salvador yang tidak mengherankan memimpin di Amerika Latin dengan 272 ATM setelah mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran sah.

Afrika memiliki jumlah ATM Bitcoin terendah, dengan Afrika Selatan memimpin dengan 17 mesin, sementara Nigeria sebagai negara terbesar di wilayah tersebut hanya memiliki dua ATM yang terpasang di yurisdiksinya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.
Referensi: