Di Awal Juli 2023, Penjualan NFT Ethereum Mendominasi dengan Rp1,9 Triliun!

author:

Di Awal Juli 2023, Penjualan NFT Ethereum Mendominasi dengan Rp1,9 Triliun!

Penjualan NFT (Non-Fungible Tokens) mengalami penurunan sebesar 23,39% minggu ini dibandingkan dengan minggu sebelumnya, menurut data dari Cryptoslam.io pada 8 Juli 2023.

Meski demikian, Ethereum masih mendominasi pasar dengan penjualan mencapai $130 juta (Rp1,9 triliun). Sementara itu, “Ordinals” Bitcoin menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dan siap untuk bersaing dengan Ethereum dalam sektor NFT.

Penurunan Penjualan NFT dan Dominasi Ethereum

Data terbaru dari Cryptoslam.io menunjukkan penurunan penjualan NFT sebesar 23,39% minggu ini dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Penurunan ini menunjukkan fluktuasi pasar NFT yang dinamis, yang bisa sangat volatile.

penjualan nft juni 2023
Data penjualan NFT 7 hari menurut Cryptoslam.io pada tanggal 8 Juli 2023.

Meski mengalami penurunan penjualan, Ethereum terlihat masih mendominasi pasar NFT dengan penjualan mencapai $130 juta. Ethereum telah lama menjadi platform pilihan untuk pembuatan dan perdagangan NFT, berkat kemampuannya untuk mendukung smart contract dan token ERC-721, yang digunakan untuk menciptakan NFT.

Baca juga: Canggih! Kerja sama Inspect dan Moonpay Kini Mempermudah Pembelian NFT di Twitter

Namun, meski Ethereum masih mendominasi, penurunan penjualan ini menunjukkan bahwa pasar NFT mungkin sedang mengalami perubahan. Dengan munculnya platform NFT baru dan berbagai inovasi dalam ruang ini, dinamika pasar NFT bisa berubah dengan cepat.

Bitcoin ‘Ordinals’ Siap Saingi Ethereum

Sementara Ethereum masih mendominasi pasar NFT, “Ordinals” Bitcoin menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dan siap untuk bersaing dengan Ethereum. “Ordinals” adalah NFT asli Bitcoin, dan telah melihat lonjakan signifikan dalam penjualan dan pembeli aktif.

Menurut data dari Crypto Slam, “Ordinals” telah mencapai pertumbuhan penjualan sebesar 129,50% dalam USD dan menarik hampir 10% dari pasar pembeli. Meski Ethereum masih memimpin sektor NFT dengan total penjualan lebih dari $24 juta, pertumbuhan cepat “Ordinals” Bitcoin menunjukkan bahwa perubahan posisi bisa segera terjadi.

“Ordinals” adalah aset digital unik yang ditulis pada satoshi, unit terkecil Bitcoin. Mereka dibuat mungkin oleh peningkatan Taproot, yang diluncurkan pada jaringan Bitcoin pada November 2021, yang memungkinkan data ditulis pada jaringan Bitcoin dengan cara yang mirip dengan pembuatan NFT di platform blockchain lain.

Baca juga: Vitalik Buterin Puji Bitcoin Ordinals: Inovasi yang Menghidupkan Kembali Ekosistem Bitcoin!

Blockchain Lainnya dalam Pasar NFT

Selain Ethereum dan Bitcoin, beberapa blockchain lain juga telah membuat kemajuan signifikan di pasar NFT. Solana berada di posisi ketiga, menunjukkan pertumbuhan penjualan yang kuat sebesar 44,61% dengan total penjualan $1,2 juta dan menarik 31,40% pembeli, angka yang bahkan melampaui pangsa pasar pembeli Ethereum.

Selanjutnya, Polygon berada di posisi keempat, dengan peningkatan penjualan sebesar 30,75% menjadi $1,3 juta. BNB Chain berada di posisi kelima, dengan penjualan total $856,027 dan pangsa pembeli sebesar 7,54%.

Terakhir, Cardano, meski memiliki pertumbuhan penjualan sebesar 36,22% dan total penjualan $346,115, masih belum bisa menyaingi Ethereum, Bitcoin, Solana, Polygon, dan BNB Chain dalam pasar NFT.

koleksi nft terlaris
Cryptoslam.io

Sementara itu, Bored Ape Yacht Club (BAYC) muncul sebagai koleksi NFT terlaris selama seminggu terakhir, menghasilkan pendapatan $ 22,57 juta dan tumbuh 1% dibandingkan minggu sebelumnya. Azuki, Mutant Ape Yacht Club (MAYC), Uncategorized Ordinals, dan Fram BRC20 mengekor di belakang BAYC. Penjualan NFT Fram BRC20 melonjak sebesar 97.47%. Captainz dan Degods juga mencatat keuntungan yang signifikan masing-masing antara 43% dan 70%.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: