JPMorgan Luncurkan Transfer Dolar 24/7 via Blockchain dengan Bank India!

JPMorgan Luncurkan Transfer Dolar 24/7 via Blockchain dengan Bank India!

JPMorgan, salah satu bank terbesar di dunia, telah menggunakan teknologi blockchain untuk melakukan transfer dolar secara real-time dengan beberapa bank di India. Inovasi ini mengubah cara transaksi dilakukan, memungkinkan transaksi sepanjang waktu tanpa henti. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Memanfaatkan Blockchain untuk Transaksi Instan

jpmorgan lakukan transfer dolar dengan teknologi blockchain
Sumber: PYMNTS

Dilansir dari Cointelegraph, baru-baru ini, JPMorgan telah memanfaatkan teknologi blockchain, memungkinkan transfer dolar AS ke bank-bank India secara real-time. Teknologi ini, yang merupakan bagian dari platform Onyx milik bank, membuat proses transaksi menjadi lebih cepat dan efisien. Dengan kemampuan ini, JPMorgan mampu menawarkan layanan 24/7 yang belum pernah ada sebelumnya.

Platform Onyx dirancang untuk memaksimalkan keuntungan dari teknologi blockchain, yang melibatkan penggunaan catatan transaksi yang dienkripsi dan tersebar. Hal ini membawa keamanan dan transparansi ke tingkat yang baru dalam operasi bank. Layanan ini menjadi solusi untuk masalah lama dalam perbankan tradisional, yakni keterlambatan dalam transfer uang lintas negara.

Baca Juga: JPMorgan Akan Buka Lab Inovasi Blockchain di Yunani, Ini Alasannya!

Kemitraan dengan Bank-Bank India

Enam bank terkemuka di India, termasuk HDFC Bank, ICICI Bank, Axis Bank, Yes Bank, IndusInd Bank dan unit perbankan JPMorgan sendiri di Gujarat International Finance Tec-City, atau GIFT City, telah bergabung dengan JPMorgan dalam inisiatif ini.

Dengan blockchain, bank-bank ini sekarang dapat melakukan transaksi dolar AS dengan cepat dan efisien, tanpa perlu menunggu waktu operasional tradisional.

Penerapan teknologi blockchain ini mengindikasikan langkah maju signifikan dalam sektor perbankan India. Dengan teknologi baru ini, bank-bank India tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional mereka, tetapi juga menunjukkan komitmen mereka terhadap inovasi dan adaptasi teknologi terkini.

“Dengan memanfaatkan teknologi blockchain untuk memfasilitasi transaksi secara 24×7, pemrosesan menjadi instan dan memungkinkan bank-bank GIFT City untuk mendukung zona waktu dan jam operasional mereka sendiri,” ujar Pejabat senior JPMorgan di Indonesia, Kaustubh Kulkarni, dikutip dari Cointelegraph, Selasa (6/6/2023).

Baca Juga: Heboh, Bitcoin Dinilai Lebih Unggul 10x Dibandingkan Saham JPMorgan! Ini Kata Mike Novogratz!

Dampak dan Implikasi Masa Depan

jpmorgan manfaatkan teknologi blockchain
Sumber: Bloomberg

Penerapan teknologi blockchain oleh JPMorgan dapat membuka jalan bagi perubahan yang lebih luas dalam industri perbankan global. Dengan kecepatan dan efisiensi yang ditawarkan oleh teknologi ini, transaksi internasional dapat berlangsung lebih cepat dan lebih aman. Ini membuka peluang untuk model bisnis baru dan peningkatan layanan kepada pelanggan.

Terobosan ini juga berpotensi mendefinisikan kembali bagaimana transaksi internasional dilakukan. Dengan teknologi blockchain, transaksi dapat dilakukan 24/7, tanpa memperhatikan batas waktu atau lokasi. Ini dapat mengubah cara kita melakukan bisnis dan berinteraksi dengan ekonomi global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: