JP Morgan: SEC Kemungkinan akan Setujui ETF Bitcoin Spot Setelah Kasus Grayscale

author:

JP Morgan: SEC Kemungkinan akan Setujui ETF Bitcoin Spot Setelah Kasus Grayscale

Dalam laporan terbaru, analis JP Morgan memprediksi bahwa SEC (Securities and Exchange Commission) akan menyetujui permohonan ETF Bitcoin spot dari berbagai perusahaan setelah kekalahan mereka dalam kasus hukum melawan Grayscale Investments.

Latar Belakang Kasus Grayscale dan SEC

Grayscale Investments, salah satu pemain besar dalam industri crypto, telah lama berupaya untuk mengubah Trust Bitcoin mereka menjadi ETF. Trust ini memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur terhadap Bitcoin tanpa harus memegang aset crypto secara langsung.

Baca juga: JP Morgan Sebut ‘Downside Terbatas’ untuk BTC—Ini Reaksi Heboh Komunitas Crypto!

Namun, proposal Grayscale mendapat tentangan dari SEC, yang menolak permohonan mereka. Keputusan SEC ini memicu Grayscale untuk mengambil tindakan hukum, berargumen bahwa penolakan tersebut tidak memiliki dasar yang kuat.

Sebuah pengadilan federal kemudian memutuskan aksi Grayscale, menyatakan bahwa SEC harus meninjau kembali keputusan mereka. Pengadilan menilai bahwa SEC telah bertindak “sembrono dan sewenang-wenang”.

Dalam catatan penelitian, analis JP Morgan menulis bahwa SEC harus mundur dari persetujuan sebelumnya terhadap ETF berbasis futures untuk menolak permintaan Grayscale dan permohonan ETF Bitcoin spot lainnya.

Prediksi Mengenai ETF Bitcoin Spot

persetujuan bitcoin etf spot
Sumber: Cryptonews

Lebih lanjut, SEC telah menunda keputusan mereka mengenai permohonan ETF Bitcoin spot dari berbagai perusahaan, termasuk raksasa industri keuangan seperti BlackRock, Fidelity Investments, dan Invesco, hingga setidaknya pertengahan Oktober 2023 nanti.

Analis JP Morgan percaya bahwa penundaan ini “kemungkinan menunjukkan persetujuan atas beberapa permohonan ETF Bitcoin spot sekaligus daripada memberikan keuntungan kepada pemohon pertama.”

Jika trust Grayscale dikonversi, ini dapat meningkatkan persaingan dalam biaya ETF, memaksa Grayscale untuk menurunkan biayanya.

Baca juga: Data Arkham Ungkap Grayscale Ethereum Trust Merupakan Pemegang ETH Terbesar Kedua di Dunia

Implikasi Lebih Lanjut dari ETF Bitcoin Spot

Meskipun ada momentum positif menuju persetujuan regulasi untuk ETF Bitcoin spot, JP Morgan percaya bahwa produk ini tidak akan berdampak signifikan pada industri crypto dan keuangan secara keseluruhan.

Catatan penelitian JP Morgan menunjukkan bahwa ETF Bitcoin spot telah ada di Kanada dan Eropa selama beberapa waktu tetapi gagal menarik minat investor yang signifikan. Lebih lanjut, analis memprediksi bahwa ETF yang diluncurkan di AS kemungkinan akan memiliki kinerja yang serupa.

Dengan keputusan SEC yang akan datang mengenai ETF Bitcoin spot, industri crypto menunggu dengan penuh antisipasi. Namun, dampak jangka panjang dari persetujuan ini masih harus dilihat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: