JPMorgan Memperkirakan ETF Bitcoin akan Disetujui pada Akhir Tahun 2023!

author:

JPMorgan Memperkirakan ETF Bitcoin akan Disetujui pada Akhir Tahun 2023!

Dalam perkembangan terbaru di dunia crypto, JP Morgan, salah satu bank investasi terkemuka, memberikan prediksi mengejutkan. Mereka memperkirakan bahwa ETF (Exchange-Traded Fund) Bitcoin akan mendapatkan persetujuan dalam beberapa bulan mendatang, bahkan mungkin sebelum Natal tiba! Simak lebih lanjut, yuk!

ETF Bitcoin: Apa yang Diharapkan Pasar?

persetujuan bitcoin etf sec

JP Morgan, dalam laporannya, menyatakan bahwa kemungkinan besar ETF Bitcoin akan mendapatkan persetujuan sebelum 10 Januari 2024. Analis dari Bloomberg Intelligence bahkan menambahkan bahwa ada kemungkinan 90% ETF Bitcoin akan disetujui pada Januari.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin, ETF Bitcoin Spot BlackRock Berpotensi Dorong BTC hingga Rp887 Juta!

ETF adalah kendaraan investasi yang melacak nilai dari aset pokok, seperti emas, mata uang asing, atau dalam hal ini, crypto. ETF Bitcoin spot akan memberikan eksposur kepada investor terhadap kripto dengan cara yang aman dan mudah.

Meskipun SEC telah menyetujui beberapa ETF Bitcoin berbasis futures, seperti Proshares’ Bitcoin Strategy ETF, minat terhadap ETF berbasis futures telah menurun. Namun, dengan potensi persetujuan ETF Bitcoin spot, pasar kembali bergairah.

Alasan Optimisme Meningkat

BlackRock, manajer dana terbesar di dunia, baru-baru ini mengajukan permohonan untuk ETF Bitcoin mereka sendiri. Selain itu, Grayscale, manajer dana terkemuka lainnya, berhasil memenangkan kasus melawan SEC, di mana hakim federal mendukung perusahaan dalam aplikasinya untuk mengubah dana Bitcoin unggulannya menjadi ETF.

SEC saat ini memiliki daftar panjang aplikasi yang menunggu untuk ditinjau dari pemain besar Wall Street, termasuk VanEck, WisdomTree, dan ARK Invest.

Dengan banyaknya dukungan dan permintaan dari institusi keuangan besar, prospek persetujuan ETF Bitcoin tampaknya lebih cerah dari sebelumnya.

Baca juga: Grayscale Ajukan ETF Bitcoin Spot Baru di NYSE Arca!

Dampak Potensial dari Persetujuan ETF Bitcoin

Persetujuan ETF Bitcoin akan membawa legitimasi tambahan ke pasar kripto dan dapat meningkatkan adopsi di kalangan investor institusi.

Meskipun beberapa ETF berbasis futures telah disetujui, banyak yang percaya bahwa ETF spot akan memiliki dampak yang lebih besar pada pasar, memberikan investor akses langsung ke Bitcoin.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun persetujuan ETF dapat memberikan dorongan positif untuk pasar kripto, JP Morgan sendiri telah mengatakan bahwa persetujuan tersebut “tidak mungkin menjadi perubahan permainan untuk pasar crypto.”

Dengan optimisme yang meningkat dan dukungan dari pemain besar di industri keuangan, masa depan ETF Bitcoin tampaknya cerah. Meskipun waktu pasti persetujuannya masih belum jelas, satu hal yang pasti: mata dunia saat ini tertuju pada SEC dan keputusan penting yang akan mereka buat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: